Kodim 0308 Pariaman Bersama Kepala Dinas Pertanian Panen Perdana Bawang Merah - Reportase Sumbar

Breaking

Post Top Ad

Minggu, 07 Maret 2021

Kodim 0308 Pariaman Bersama Kepala Dinas Pertanian Panen Perdana Bawang Merah

BATANG ANAI---Komandan Kodim 0308/Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko melaksanakan panen perdana Bawang Merah bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padangpariaman, Yurisman di Korong Olo Bangau, Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai.


Letkol Czi Titan Jatmiko mengatakan, bawang merah yang di panen hanya dalam 55 hari. Bibit bawang merah ini didatangkan dari Demak, sedangkan pupuk yang digunakan yaitu Ef Mic-32 yang merupakan hasil olahan atau temuan dari anggota Kodim 0308/Pariaman bernama Sersan Ermen.

 

Ia mengatakan, dimasa pandemi Virus Covid-19, pihaknya berusaha meningkatkan ketahanan pangan. Makanya melalui beberapa program ini selalu di lakukan. 


" Kita mengajak masyarakat bisa termotivasi berbuat setelah melihat hasilnya. Anggota Kodim 0308/ Pariaman siap memberikan dukungan, bantuan dan berbagi ilmu dengan masyarakat," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padangpariaman, Yurisman mengatakan, pihaknya cukup kaget dengan hasil panen bawah merah oleh Kodim 0308/Pariaman dengan menggunakan pupuk organik Ef Mic-32 dari hasil olahan berbagai sayur dan buah yang sudah sudah busuk itu. 


"Hasil panen bawang merah lebih besar daripada dengan menggunakan pupuk kimia,”ujarnya.


Ia menyampaikan, akan mencoba memberikan penyuluhan kepada kelompok tani bawang merah, sekaligus memberikan pola tanam dan pupuk yang digunakan itu. 


"Kita akan membawa petani bawang merah bersama PPL ke lahan pertanian milik anggota Kodim 0308/Pariaman, untuk berlatih meningkatkan kemampuannya.


Panen perdana bawang merah juga diikuti oleh  ibu-ibu pengurus Persit Cabang LXII Dim 0308/Pariaman bersama anggota TNI lainnya serta penyuluh dinas pertanian Padang Pariaman. (rr)

Post Top Ad