Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ber KTP Luar Daerah, Laksanakan Pemungutan Suara Ulang

Minggu, 25 Februari 2024 | 09:18 WIB Last Updated 2024-02-25T02:18:26Z

 

Sekda Saat Laksanakan Rakor PSU


PADANGPRIAMAN - Proses pemungutan suara Ulang (PSU) yang berlangsung di TPS 2 Nagari Pauahkamba,Kecamatan Nan Sabaris, Sabtu kemarin disambut antusias oleh warga. Terbukti warga telah mendatangi lokasi pemungutan suara sejak pagi harinya.


"Ya masyarakat cukup antusias mengikuti PSU pada hari ini. Alhamdulillah semua berjalan lancar tanpa kendala berarti," terang Camat Nan Sabaris AlKhaufa, kemarin.


Alkhaufa menambahkan, PSU yang berlangsung di TPS 2 Nagari Pauahkamba tentunya merupakan hal yang biasa, sehingga tidak ada yang perlu dibesar-besarkan.


Menurutnya,sebagian masyarakat memang ada yang bertanya tanya, kenapa PSU harus dilakukan di TPS 2 Nagari Pauahkamba, seakan akan ada persoalan yang serius yang menyebabkan terjadinya  proses pemilihan ulang di tempat itu.


"Padahal kan kondisinya tidak seperti itu. Karena seperti diketahui digelarnya PSU di tempat itu semata karena adanya dua pemilih ber KTP luar daerah yang melakukan pemilihan di TPS tersebut. Dan menurut peraturan perundangan hal itu tidak dibenarkan, makanya terpaksa dilakukan pemilihan ulang lagi," ujarnya.


Kondisi seperti itu menurutnya, bukan berarti ada persoalan serius yang menyebabkan dilakukannya pemilihan ulang di TPS tersebut,melainkan hanya semata karena kealpaan petugas,"terangnya.


Untuk itulah Alkhaufa menegaskan,sebagai kepala pemerintahan kecamatan pihaknya tentu tetap mengapresiasi kinerja dan kerja keras yang ditunjukkan oleh petugas TPS, KPPS, maupun jajaran PPK di wilayah Kecamatan Nan sabaris, termasuk kerja keras dan kinerja yang dilakukan oleh petugas TPS 2 Nagari Pauah Kamba. 


"Karena alhamdulillah sejauh ini pelaksanaan pemilu caleg maupun pilpres di Kecamatan Nan Sabaris secara umum berlangsung aman dan lancar tanpa kendala yang berarti. Begitu pulaantusias warga untuk memberikan hak pilihnya juga cukup tinggi," terangnya.


Data yang dihimpun melalui Camat Nan Sabaris diketahui, jumlah keseluruhan TPS di Kecamatan Nan Sabaris berjumlah 99 TPS, dengan jumlah DPT berkisar 22.592. TPS tersebut tersebar di sejumlah korong dan nagari di lingkungan Kecamatan Nan Sabaris.


Terpisah Walinagari Pauahkamba M. Nur juga mengakui jika pelaksanaan PSU yang berlangsung di Magari Pauah Kamba Sabtu kemarin berlangsung aman tertib dan lancar. "Masyarakat pemilih juga cukup antusias memberikan hak suaranya," terangnya.


Meski dilakukannya PSU di daerah itu, pihaknya tetap tak luput mengapresiasi hasil kerja keras dan kinerja jajaran petugas TPS dan KPPS yang ada di wilayah itu.


Karena secara umumpelaksanaan pemilu di Nagari Pauahkamba berjalan aman dan lancar. "Jadi persoalan PSU itu kan sebenarnya tidak perlu terlalu dibesar besarkan tentunya. Lagi pula kan permasalahannya kan tidak terlalu serius.Hanya kebetulan ada dua pemilih ber KTP luar daerah ikut memberikan hak suaranya,sehingga terpaksalah dilakukan PSU tersebut. Ya,mau bagaimana lagi. Inikan sepenuhnya tanggungjawab pihak KPU sebagai penanggungjawab pelaksana pemilu," tegasnya. (ris)

×
Berita Terbaru Update