Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Penuhi Hak Warga Binaan, Lapas Pariaman Gelar Sidang TPP

Rabu, 17 Januari 2024 | 12:17 WIB Last Updated 2024-01-17T05:17:30Z


PARIAMAN
- Dalam rangka memenuhi hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lapas Kelas IIB Pariaman menggelar Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) di Aula serba guna Lapas Pariaman. Rabu, (17/1).


Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) memiliki peran penting dalam menjalankan sistem peradilan pidana dan membantu proses rehabilitasi narapidana. Salah satu upaya untuk memastikan pemasyarakatan yang efektif dan berkelanjutan adalah melalui pengawasan dan evaluasi yang teratur. 


Sidang TPP atau Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan adalah sidang penentuan usulan integrasi apakah WBP layak diusulkan mendapatkan CB, PB, CMB atau asimilasi, dengan terpenuhinya persyaratan tertentu baik administrasi maupun substansi. 


Dalam Sidang TPP dilaksanakan pembahasan mengenai perkembangan ataupun keadaan WBP selama menjalani masa pidana didalam Lapas. Layak atau tidaknya seorang WBP diusulkan integrasi.


Salah satu aspek yang menjadi perhatian utama dalam sidang ini adalah karakter dan perilaku warga binaan. Hasil dari sidang ini akan digunakan untuk memberikan rekomendasi. Sidang TPP di Lapas Pariaman menunjukkan komitmen untuk memastikan bahwa warga binaan mendapatkan perlakuan yang layak dan kesempatan untuk berubah menjadi anggota masyarakat yang produktif setelah menjalani hukuman mereka.


Plh. Kepala Lapas Pariaman, Alfin Djamalus memimpin jalannya sidang tersebut dan memastikan agar dilakukan secara objektif dan transparan. Dalam arahannya menegaskan agar seluruh petugas lebih jeli melihat perkembangan sikap WBP serta mengamati proses pembinaan yang telah berjalan dengan tercapainya hasil yang baik.


"13 orang dari 577 Warga Binaan Lapas Pariaman menjalani proses sidang TPP. Sidang TPP merupakan bagian evaluasi dalam tahapan masa pidana pembinaan untuk mendengarkan masukan dari seluruh anggota untuk menilai kelayakan WBP dalam pembinaan lanjutan," Ucap Alfin


Tak lupa, ia mengapresiasi kinerja jajarannya yang telah melakukan program pembinaan dengan baik. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pejabat Struktural lainya.


Lapas Pariaman selalu Berkomitmen dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada WBP dengan memenuhi Hak-Hak WBP sesuai peraturan Perundang-undangan. (nal)

×
Berita Terbaru Update