Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bupati Suhatri Bur : Pasar Pakandangan Direvitalisasi Melalui Dana APBN Tahun 2023

Senin, 10 Juli 2023 | 17:47 WIB Last Updated 2023-07-10T10:48:08Z

Bupati Suhatri Bur Saat Tukar Cendra Mata Saat Revitalisasi Pasar Pakandangan

PADANGPARIAMAN ----  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatan melalui dana Tugas Pembantuan (TP) APBN tahun anggaran 2023, dilakukan revitalisasi Pasar Rakyat Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padangpariaman telah dimulai.


"Hal tersebut ditandai dengan peletakan baru pertama oleh Plh. Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Anwar Achmad dan saya sendiri," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin. 


Suhatri Bur  memaparkan, dari 3 pasar rakyat di Kabupaten Padangpariaman yang diusulkan untuk revitalisasi, Pasar Pakandangan merupakan satu-satunya pasar yang memenuhi persyaratan. Selain memenuhi persyaratan, Pasar Pakandangam juga merupakan pasar induk tertua di Kabupaten Padangpariaman dan satu-satunya pasar di Kawasan Ibukota Kabupaten.



"Pasar tradisional masih menjadi sektor penting dalam menggerakkan perekonomian di Kabupaten Padangpariaman. Sehingga revitalisasi pasar yang ada di Pakandangan ini dinilai penting untuk memaksimalkan pengembangan ekonomi bagi masyarakat Padangpariaman," ujarnya.



Sementara itu, Plh. Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik Kementerian Perdagangan RI Muhammad Anwar Achmad mengungkapkan harapannya terkait dengan revitalisasi ini. Ia berharap, pembangunan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana awal. Ia mengaku, pihaknya akan terus melakukan monitoring dari awal pembangunan hingga pemanfaatannya di kemudian hari.


"Sehingga perlunya pengawasan oleh berbagai pihak terkait agar pembangunannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara maksimal guna membawa pengaruh yang besar untuk meningkatkan perekonomian, khususnya bagi pedagang di Padangpariaman maupun daerah sekitarnya," ujarnya.


Sebelumnya, dalam laporannya Wali Nagari Pakandangan Ikram Dasrul memaparkan, jumlah pedagang di pasar rakyat Pakandangan mencapai 207 pedagang dengan berbagai macam jenis usaha. Terdiri dari 64 pedagang sayuran, 35 pedagang pakaian, 9 pedagang ikan kering/ikan asin, 20 pedagang ikan laut, 35 pedagang makanan, 10 pedagang kuliner, 6 pedagang alat-alat tani, 8 pedagang pecah belah, dan 20 pedagang buah-buahan.



"Mudah-mudahan, revitalisasi ini dapat mendatangkan manfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan demikian kami siap mensupport dan mengawal pembangunan ini berjalan lancar sesuai dengan harapan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman dan masyarakat," tambahnya. (ri)


×
Berita Terbaru Update