Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gender Aspek Penting, Sosialiasikan PUG Kepada Camat dan Walinagari se Padangpariaman

Kamis, 30 Maret 2023 | 05:48 WIB Last Updated 2023-03-29T22:48:03Z

Bupati Suhatri Bur Saat Acara PUG

PADANGPARIAMAN - Bupati Padangpariaman Suhatri Bur , kemarin,membuka kegiatan sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi pimpinan perangkat daerah, camat, dan walinagari se Kabupaten Padangpariaman.


Suhatri Bur mengungkapkan, dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah, keadilan gender merupakan aspek penting dan harus direspon dalam setiap aspek pembangunan. Hal ini dikarenakan gender merupakan salah satu tujuan utama pembangunan global yang telah disepakati oleh negara di seluruh dunia.


Sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam mengupayakan kesejahteraan gender bagi semua kalangan, pedoman pelaksanaan gender telah tertuang dalam Peraturan Bupati Padangpariaman no. 40 tahun 2015.


"Bahkan dalam menajemen pemerintahan, pemerintah telah memberikan kesempatan yang sama bagi laki-laki dan perempuan dalam berkarier, baik dalam jabatan struktural maupun fungsional," ujarnya.


Lebih lanjut ia menuturkan, salah satu bentuk yang dipakai untuk pengukuran keberhasilan PUG di daerah adalah dengan diraihnya penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). Diketahui, tahun lalu Kabupaten Padangpariaman berhasil meraih Predikat Madya. 


"Untuk itu, kita tergetkan tahun ini Kabupaten Padangpariaman bisa meraih Predikat Utama," harapnya.


Di kesempatan yang sama Suhatri Bur berharap, sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman seluruh peserta mengenai pentingnya Pengarusutamaan Gender (PUG). Sehingga percepatan pembangunan dan pelaksanaan PUG melalui perencanaan PUG di Kabupaten Padangpariaman dapat tercapai.


"Dengan demikian, semoga kedepannya semua lapisan masyarakat dapat menikmati hasil dari seluruh pembangunan, baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, agama, maupun insfrastruktur sehingga Kabupaten Padangpariaman yang maju dan sejahtera dapat terwujud," ungkapnya.


Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Sumarni dalam laporannya mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini akan ditindaklanjuti melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kasubbag Perencanaan di tingkat OPD, Analis Perencanaan di tingkat camat, dan sekretaris nagari di tingkat nagari.


Kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama 1 (satu) hari ini menghadirkan narasumber dari Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Sumatera Barat Ely Ditra. Juga menghadirkan Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman Rudy R. Rilis dan Inspektur Hendra Aswara sebagai narasumber. 


Dikesempatan yang sama, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur  mendampingi anak-anak ke pusat informasi Command Center, PPID, dan Taman Baca Digital (Pocadi) sebagai upaya untuk mengenalkan budaya literasi.(buya)


 


×
Berita Terbaru Update