Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ekonomi Lumpuh, Enam Korong Terisolir, Jalan Kuliek Sungai Buluah Timur Amblas

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:09 WIB Last Updated 2022-06-26T06:09:01Z

Jalan Kuliek Yang Amblas

PADANGPARIAMAN - Kondisi cuaca yang tidak stabil dan tinggi curah huan akhir akhir ini di Padangpariaman mengakibatkan telah terjadi amblasnya jalan Kuliek Nagari Sungai Buluah Timur Kecamatan Batang Anai.


Wakil Bupati Tinjau Jalan Kuliek Amblas



Amblasnya jalan di aliran Sungai Batang Anai ini diperkirakan jumat sore pukul 17.00 WIB sehingga menyebabkan terisolirnya enam korong wilayah Batang Anai bagian timur hingga kini.


Kenapa tidak akibatnya jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Padahal ruas jalan yang dimaksud merupakan satu satunya akses utama masyarakat.


Sehingga akan dapat mengganggu roda perekonomian dan aktivitas kehidupan sehari hari masyarakat setempat.



Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padangpariaman Budi Mulya  mengaku bahwa setelah kejadian langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V Kementrian PUPR Dian Karmila. Dia meminta, agar tim BWSS turun ke lapangan untuk mendapat solusi penanganan daruratnya.


"Turun lapangan tersebut juga langsung dipimpin Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang untuk mendampingi tim dari BWSS," kata Budi Mulya kemarin.


Katanya, daerah aliran Sungai Batang Anai merupakan kewenengan BWSS V. Maka katanya, telah disepakati pihak BWSS V Kementrian PUPR akan menindaklanjuti penanganan daruratnya dengan menggunakan dana tanggap darurat bencana kementerian PUPR.


"Selain itu pihak BWSS V Kementrian PUPR juga akan mangusulkan anggaran pembangunan pasca bencana," tambahnya menegaskan.


Sementara Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang menyampaikan perlu ada langkah-langkah strategis dan efektif untuk memaksimalkan pencegahan. Agar dampak bencana tidak terjadi berlarut dan berdampak kepada hal yang tidak diinginkan khususnya kepada masyarakat setempat.


"Kita berharap, pihak BWSS V Kementrian PUPR dapat segera melaksanakan penanganan darurat jalan kuliek tersebut agar aktifitas kehidupan masyarakat setempat normal kembali," ujar Wabup Rahmang.


Dalam tinjauan tersebut tim BWSS juga didampingi Dinas PSDABK Provinsi Sumatera Barat. Tampak hadir mendampingi Wakil Bupati Rahmang Jajaran BPBD Padangpariaman, Jajaran Dinas PUPR Padangpariaman, Camat Batang Anai Suhardi, Wali Nagari, dan masyarakat setempat.(ns)


×
Berita Terbaru Update