Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sabermas, Untuk Kesejahteraan Masyarakat Menuju Padangpariaman Berjaya

Selasa, 24 Mei 2022 | 10:21 WIB Last Updated 2022-05-24T03:21:30Z

Suhatri Bur Saat Resmikan Sabermas

PADANGPARIAMAN - Program Satu Hari Bersama Masyarakat untuk Membuat Perubahan (Sabermas Baru) sangat membantu pemkab dalam mewujudkan visi Padangpariaman berjaya.


"Melalui program tersebut  kita berharap akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan mereka merasakan bahwa Pemerintah Daerah selalu hadir di tengah masyarakat," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat peresmian sabermas, kemarin.


Katanya, jenis-jenis pelayanan yang tersedia dalam program Sabermas Baru, mulai dari pengurusan SIM dan pajak kendaraan bermotor, pembuatan e-KTP, pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA), pengurusan kartu BPJS kesehatan, pelayanan kesehatan ibu hamil dan pemeriksaan mata, layanan internet gratis serta pelayanan perpustakaan keliling.


Kegiatan Sabermas Baru yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman, diikuti Disdukcapil, Diskominfo, BPBD, Diskearpus, Distan KP, Dinas Perikanan, Dinsos P3A, DPPKB, Kantor Kemenag, BAZNAS, Samsat dan BPJS Kesehatan. Berbagai jenis pelayanan dari beberapa Instansi terkait itu, dilaksanakan selama satu hari bagi masyarakat di Nagari yang sudah ditetapkan sebelumnya.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman dr. Aspinuddin menyatakan kegiatan itu merupakan upaya bersama dari seluruh lintas sektor untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di Nagari dan program Sabermas Baru akan memberikan kemudahan kepada masyarakat ekonomi lemah, khususnya layanan bidang kesehatan.


"Masing-masing instansi dan stakeholder terkait yang memiliki program di Nagari akan melaksanakan kegiatan secara serentak pada hari tersebut. Seperti pelayanan kesehatan, bantuan benih ikan, bantuan BAZNAS, pelayanan yang terkait perizinan dan administrasi kependudukan, serta beberapa program strategis lainnya dari instansi teknis," ujar Aspinuddin.


Pada kesempatan itu, Bupati Padangpariaman Suhatri But  menyerahkan berbagai bantuan kepada masyarakat di Nagari Pauh Kambar Kecamatan Nan Sabaris. 


Diantaranya, bantuan beasiswa dari BAZNAS Kabupaten Padangpariaman untuk siswa-siswi mustahiq. Sebanyak 40 orang siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) menerima beasiswa masing-masing Rp. 350.000 dengan jumlah Rp. 14.000.000,- dan sebanyak 15 orang siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) masing-masing menerima Rp. 450.000,- dengan total jumlah Rp. 6.750.000.


 Kemudian, bantuan jamban sehat untuk 8 keluarga, masing-masing menerima Rp. 1.000.000 dan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) senilai Rp. 12.500.000,- kepada Irmawati. Dari Dinas Perikanan, diberikan bantuan kolam terpal dan bantuan bibit lele dan nila serta pelet.


Dalam program Sabermas Baru itu, juga dilaksanakan pemasangan dan pencabutan alat kontrasepsi, sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sosialisasi pelayanan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (KTPA) dan sosialisasi Srikandi Siaga Tanggap Bencana (Si Sigap) serta diakhiri dengan senam bersama. (ns)


×
Berita Terbaru Update