Sambut HUT Bhayangkara Ke-75, Polres Pariaman Aktif Edukasi Masyarakat Pentingnya Vaksin Covid-19 -->

Sambut HUT Bhayangkara Ke-75, Polres Pariaman Aktif Edukasi Masyarakat Pentingnya Vaksin Covid-19

Reportase Sumbar
Jumat, 25 Juni 2021

Pelaksanaan Vaksin


PARIAMAN---Dalam rangka mensukseskan program vaksinasi massal dan menyambut Hari Bhayangkara ke 75 tahun 2021, Polres Padangpariaman aktif memberikan edukasi kepada masyarakat agar bersedia divaksin untuk memutus mata rantai Covid-19.


Kapolres Padangpariaman AKBP Dian Nugraha melalui Kasat Binmas Polres Padangpariaman Iptu Irwan menyampaikan, sosialisasi dilaksanakan secara Door to Door oleh Bhabinkamtibmas yang tersebar diseluruh nagari di wilayah hukum Polres Padangpariaman.


Ia mengatakan, kedekatan yang dimiliki bhabinkamtibmas dengan masyarakat dilapangan nantinya akan membuat masyarakat lebih berantusias datang ke Puskesmas untuk divaksin.


Vaksinasi massal terus digencarkan pemerintah. Semakin cepat vaksinasi selesai, semakin cepat pula herd immunity atau kekebalan komunal terbentuk. Dengan demikian, diharapkan pandemi virus corona segera berakhir.


Vaksinasi Covid-19 sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menangani masalah Covid-19. Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.


“Saat ini pemerintah tengah berupaya merealisasikan target nasional 1 juta vaksinasi Covid-19 per hari. Untuk itu, pemerintah bekerja sama dengan sejumlah pihak dalam menyukseskan program ini,” ujarnya.


Pihaknya berharap, peran aktif bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak agar lebih mensosialisasikan program vaksinasi yang tengah digalakan oleh pemerintah. Disamping itu, pihaknya meminta agar stakeholder terkait memaksimalkan PPKM Mikro yakni dengan mengurangi mobilitas masyarakat dalam upaya menekan laju penularan Covid-19.


Perlu diketahui bahwa saat ini Pandemi Covid-19 masih jauh dari kata usai, dalam proses penyelesaiannya pun memerlukan banyak perjuangan yang harus dilakukan. Maka dari itu, kerja sama dan saling bahu membahu merupakan hal yang sangat krusial dalam masa-masa seperti saat ini


Ia juga mengingatkan, selama antibodi belum terbentuk sempurna, maka seseorang masih rentan terkena Covid-19 dan menularkannya kepada orang lain. Oleh sebab itu, penerima vaksin harus tetap menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan. (rr)