Jelang Idul Adha Rawan Pencurian Ternak, Polsek Nansabaris Himbau Pemilik Ternak Selalu Waspada -->

Jelang Idul Adha Rawan Pencurian Ternak, Polsek Nansabaris Himbau Pemilik Ternak Selalu Waspada

Reportase Sumbar
Minggu, 27 Juni 2021

Apel Sebelum Terjun Ke Lapangan


NANSABARIS---Menjelang hari raya Idul Adha 1442 H atau yang lebih di kenal dengan sebutan hari kurban, Kapolsek Nan Sabaris Iptu Zulkarnaini melalui Bhabinkamtibmas menyambangi peternak sapi di wilayah setempat.


Sambang kepada peternak jelang hari kurban dilakukan untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat, terutama warga yang memelihara sapi agar selalu hati – hati dan waspada terhadap pencurian hewan ternak, apalagi menjelang Idul Adha seperti ini hewan kurban lagi di cari.


“Kita ingatkan warga agar waspada terhadap pencurian hewan ternak, terutama menjelang hari kurban seperti ini. Maka untuk itu harus berhati-hati, kapan perlu dikandangkan atau dititipkan ditempat yang aman seperti pos ronda,” ujarnya.


Ia mengatakan, langkah antisipasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengunci setiap kandang hewan ternak mereka. Tidak melepas sembarangan hewan ternak pada siang atau malam hari dan jangan terlalu sering lepas dari pengawasan. “Jangan lepas sembarangan hewan ternak tanpa pantauan. Meskipun belum ada laporan aksi pencurian ternak, namun kita imbau warga tetap harus waspada,” jelas dia.


Selain mewaspadai terjadinya pencurian hewan ternak, masyarakat juga diimbau untuk meningkatkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dimasing-masing wilayah nagari. Diharapkan pihak pemerintah nagari bersama-sama dengan masyarakat bisa mengaktifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).


“Dengan diaktifkannya siskamling, selain akan memberikan rasa aman yang lebih kepada masyarakat. Juga semakin memperkuat persatuan masyarakat disuatu nagari dan pihaknya juga selalu melakukan patroli untuk menekan tindak kejahatan setiap saat,” pungkas Iptu Zulkarnaini. (rr)