Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sebanyak 21 Nagari, Sudah 8 Tahun Proses Pemekaran Nagari Tidak Kunjung Terealisasi.

Kamis, 02 Mei 2024 | 08:42 WIB Last Updated 2024-05-02T01:42:48Z

 

Dasmar Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Padangpariaman

PADANGPARIAMAN ----  Ketua Fraksi Golkar DPRD Padangpariaman Dasmar menyatakan pemekaran 21 nagari dalam Kabupaten Padangpariaman hingga kini tidak kunjung terealisasi.



"Sudah lebih 8 tahun proses pemekaran 21 nagari dalam Kabupaten Padangpariaman tidak kunjung terealisasi hingga kini," kata Dasmar, kemarin.



Padahal menurut dia proses,  pemekaran nagari ini sudah melalui proses yang panjang. Nagari nagari yang akan dimekarkan sudah melengkapi persyaratan pemekaran. 


"Namun sampai saat ini tidak satupun nagari yang sudah dimekarkan, apakah itu bentuknya nagari persiapan," ujarnya.



Setiap ditelusuri dokumen yang diserahkan nagari nagari tersebut menurut Dasmar sudah memenuhi ketentuan undang undang yang berlaku.


Terpisah, Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang ketika dikonfirmasi menjelaskan, saat ini terkait pemekaran nagari telah diajukan proses ke kemendagri. 


Proses inipun lanjutnya, sudah diawali dengan pemetaan terhadap nagari nagari yang akan dimekarkan yang kemudian nanti kelanjutanya untuk mendapatkan keabsahan. 



"Pemerintah Kabupaten Padangpariaman menurutnya sudah mengajukan ke Kemndagri melalui Pemerintah Propinsi Sumatera Barat. Nagari yang akan dimekarkan tesebut berjumlah 21 nagari," ujarnya. 



Sementara jumlah nagari  Kabupaten Padangpariaman katanya, berjumlah 103 nagari. "Kalaupun terealisasi nantinya yang 21 nagari dimekarkan maka jumlah nagari akan bertambah menjadi 124 nagari," ujarnya.



Yang pasti katanya, untuk hal ini masih dalam proses. Karena untuk mendapatkan register bagi nagari ini melalui proses yang cukup panjang dan butuh kajian yang layak melalui Kemendagri. 



"Insyaallah kalau proses sudah dijalankan semua dalam waktu dekat pemekaran Nagari ini akan terealisasi," tandas Rahmang mengakhiri.(Rul Dara)

 

×
Berita Terbaru Update