Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Satu Unit Truck Hangus Terbakar Terjadi di Ruas Jalan Malalak

Rabu, 29 Mei 2024 | 13:31 WIB Last Updated 2024-05-29T06:31:38Z
Mobil muatan kontainer hangus terbakar


MALALAK---Satu unit kendaraan truck tronton dengan Nopol BK 9668 EI, Selasa  dinihari kemarin sekitar pukul 01.30  WIB, mengalami nasib naas di Kampuang Tanjuang Jorong Balai Satu, Nagari Malalak Selatan, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam. Truck yang biasa digunakan mengangkut esvacator itu mengalami kebakaran tidak jauh dari perbatasan Kabupaten Agam dan Kabupaten Padangpariaman. 


Informasi yang dihimpun koran ini melalui warga setempat diketahui, kebakaran yang menimpa kendaraan truck di kawasan itu diduga dipicu akibat timbulnya percikan api, hingga  memicu terbakarnya kendaraan truck tersebut. Alhasil, kondisi truck pun terlihat begitu mengenaskan. 


Beruntung, berkat bantuan warga sekitar api akhirnya berhasil dipadamkan hingga tidak sampai menjalar ke bagian belakang truck. 


"Kejadiannya malam tadi sekitar pukul 01.30 WIB dinihari. Kabarnya pemicunya  dipicu akibat pemanasan yang terjadi pada bagian remnya," terang Walinagari Malalak Setana, Amir Koto Dt. Marahindo, saat dikonfirmasi melalui ponselnya Selasa kemarin. 


Menurutnya, begitu mengetahui kejadian tersebut, warga sekitar langsung berhamburan memberikan pertolongan, termasuk diantaranya dengan cara menyiram bagian truck yang terbakar dengan air. 


Diakuinya, kebakaran yang melanda truck tronton tersebut memang terbilang naas, pasalnya medan atau tanjakan jalan di kawasan itu juga terbilang tidak terlalu   terjal. "Tapi mungkin karena remnya sudah panas sehingga akhirnya memicu  percikan api, hingga akhirnya memicu terjadinya kebakaran," terang Amir Koto.  


Hal itu menurut Amir Koto Dt. Marahindo memang cukup beralasan, pasalnya sebelum mengalami kebakaran, truck tronton berukuran besar itu sebelumnya baru saja mengangkut eskavator ke tempat lain. 


"Tapi alhamdulillah sopir berikut dua penumpangnya, ketiganya berhasil selamat tanpa kurang satu apapun. Mereka , beruntung karena bisa cepat keluar dari truck yang terbakar tersebut," terangnya.



Jangan Terlalu Paksakan Diri


Terkait kasus kebakaran yang menimpa truck tronton di kawasan Kampuang Tanjuang, Jorong Balai I, Nagari Malalak Selatan itu, Amir Koto Dt. Marahindo tak luput mengimbau para  pengendara yang hendak melewati route ruas jalan Malalak agar lebih ekstra berhati-hati. "Kalau sekiranya khawatir terjadinya masalah di perjalanan, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri. Sebaiknya berhenti agak sejenak, sembari mendinginkan kondisi mesin ataupun rem yang biasanya cenderung panas akibat terlalu sering digunakan," terangnya.


Hal itu menurutnya tentunya sangat beralasan, karena route jalan di sepanjang ruas jalan  Malalak banyak ditemui tanjakan atau turunan yang terbilang cukup ekstrim. Makanya, sebagai langkah antisipasi, pengendara sebaiknya harus lebih jeli lagi menamati setiap perubahan yang terjadi pada kendaraannya masing-masing. 


Pantauan koran ini Selasa kemarin, hingga pukul 11.30 WIB Selasa siang kemarin, body truck yang terbakar itu terlihat masih berada di tempat. Mengingat besarnya body truck hingga sempat memakan sebaian badan jalan, membuat arus lalang lalu linta kendaraan terpaksa harus buka tutup. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, warga setempat terlihat telah memasang sejumlah tanda-tanda sebagai peringatan. 


Terpisah, Roy, salah seorang saksi mata mengakui, kejadian kebakaran truck yang terjadi di lokasi itu tak urung banyak menyita perhatian warga setempat. Bahkan begitu mengetahui kejadian itu, warga setempat secara spontan langsung memberikan pertolongan dengan menyiramkan air pada bagian truck yang mengalami naas tersebut. (yurisman)

×
Berita Terbaru Update