Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pertahankan Kesenian Tradisional,Tingkatkan Keterangpilan SDM Dalam Berbagai Bidang Seni

Selasa, 14 Mei 2024 | 08:04 WIB Last Updated 2024-05-14T01:04:35Z

 


Bupati Saat Acara Sumarak Alek Nagari Perantau


PADANGPAIAMAN ---  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan kegiatan sumarak alek nagari perantau piaman dan pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kesenian tradisional ini merupakan salah satu bagian dari upaya peningkatan SDM dalam 10 objek pemajuan kebudayaan berdasarkan Undang Undang no. 5 tahun 2017.




"Kegiatan ini perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan keterampilan dan keahlian bagi Sumbaer Daya Manusia dalam berbagai bidang seni," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.



Katanya, cara dalam melestarikan budaya yang dapat dilakukan masyarakat khususnya sebagai generasi muda dalam mendukung kelestarian budaya dan ikut menjaga budaya lokal yaitu ada 2 diantaranya culture Experience dan culture knowledge. 



"Sebagai masyarakat hendaknya berperan aktif dalam mengamankan objek pemajuan kebudayaan, untuk menghindari terjadinya klaim kebudayaan dari pihak asing," ungkap Suhatri Bur



Jadi katanya, perlu pertahankan nilai budaya, karena itulah Pemkab Padangpariaman sekarang menggelar acara sumarak alek nagari perantau Piaman. "SEmua ini penting dalam rangka untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Pemerintah Kabupaten Padangpariaman melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar acara Sumarak Alek Nagari Perantau Piaman yang dilaksanakan  di Anjungan Sumatra Barat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta," ungkapnya.


Apalagi kaanya, kegiatan ini sekaligus untuk mempererat silaturahmi antara Pemerintah Daerah Padangpariaman dengan perantau sekitar daerah Jabodetabek.


"Kita sangat mendukung kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari upaya peningkatan SDM dalam 10 objek pemajuan kebudayaan berdasarkan UU No. 5 tahun 2017," tandasnya mengakhiri.(pendi)



×
Berita Terbaru Update