Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Melirik potensi Ruas Jalan V Koto Timur-Malalak Butuh Peningkatan Status Jadi Jalan Provinsi

Senin, 15 April 2024 | 18:43 WIB Last Updated 2024-04-15T11:43:30Z

 

Alfian Tanjung


Padangpariaman--.Keberadaan ruas jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Limo Koto Timur Kabupaten Padangpariaman dan Kecamatan Malalak , Kabupaten Agam selama ini memang terbilang sangat strategis. 


Pasalnya, ruas jalan tersebut selama ini sangat efektif dalam menghubungkan beberapa daerah Kabupaten dan kota di Provinsi Sumbar. Seperti halnya Kabupaten Padangpariaman, Kota Pariaman serta Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi. "Karena itulah tentunya perlu lebih dikembangkan lagi untuk ke depannya. Termasuk diantaranya bagaiman meningkatkan status ruas jalan itu menjadi jalan provinsi," demikian ditegaskan tokoh masyarakat V Koto Timur Alfian Tanjung, dan yang juga  kasat Pol PP Kota Pariaman  

Dengan alasan itulah tegasnya didorong sikap kepeduliannya sebagai anak nagari saat ini pihaknya sebut Alfian Tanjung tengah berupaya menggagas dan memperjuangkan lahirnya konsep yang tertuang dalam bentuk kerjasama antar daerah, sehingga nantinya diharapkan peningkatan status ruas jalan di kawasan itu bisa diperjuangkan secara bersama melalui pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 


Alfian Tanjung mengaku optimis jika status  ruas jalan V Koto Timur dan Kecamatan Malalak itu telah bisa ditingkatkan tentu akan berdampak positif terhadap perkembangan pembangunan daerah sekitarnya.



Demikian pula akan sangat luar biasa menunjang  peningkatan akses  transfortasi lainnya "Begitu pula ke depannya, daerah daerah di sepanjang ruas jalan tersebut juga bisa menikmati dana APBD Provinsi secara merata, terutama seiringnya pemerataan pengembangan ruas jalan yang ada.


Senada dengan itu, Alhendrii Tanjung, salah seorang tokoh perantau V Koto Timur mengaku sangat mengapresiasi gagasan lahirnya naskah kerjasama antar daerah yang saat ini tengah diperjuangkan oleh Alfian Tanjung. "Karena bagaimanapun gagasan yang diperjuangkan Saudara Alfian Tanjung ini tentu sangat luar biasa. Bahkan bisa disebut gagasan besar yang mesti kita dukung secara bersama sama. Termasuk juga perlu didukung oleh pihak   terkait termasuk perlu didukung oleh pihak Pemprov Sumbar," tegas pengacara senior yang juga Wakil Ketua PKDP Kota Pekanbaru ini.


Seperti diketahui sebut Alhendri Tanjung, jika ruas jalan V Koto Timur menuju Malalak itu bisa dikembangkan sedemikian rupa, hal itu tentunya akan sangat efektif memangkas jarak tempuh atau mempersingkat akses transfortasi antara daerah daerah kabupaten kota yang terhubung langsung dengan ruas jalan tersebut. Terutama bisa mempersingkat akses transfortasi menuju Kota Bukittinggi maupun Kota Pariaman. 


Begitu pula dalam menunjang akses transfortasi orang dan barang hingga lebih memperlancar akses produk antara daerah baik suplay maupun demand. .          Juga efektif memangkas jarak tempuh sehingga bisa  mengurangi cost atau biaya yang harus dikeluarkan masyarakat.




Alhendri Tanjung menambahkan,  secara historikalnya ruas jalan tersebut keberadaannya sebenarnya sudah lama, ymdimana awalnya dirintis sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda. "Jadi tinggal lagi sekarang bagaimana bisa dilanjutkan dan dikembangkan. Karena pada masa pemerintahan Bupati Anas Malik, ruas jalan tersebut juga pernah dikembangkan atau diperlebar. Begitu pula kita tentu  patut mengapresiasi bupati Ali Mukhni yang telah menghotmix ruas jalan tersebut, menggantikan aspal Burdah yang dibangun pada masa pemerintahan Orde Baru sebelumnya,," imbuhnya..


Karena itulah tegas Alhendri Tanjung, gagasan  peningkatan status ruas jalan tersebut sebagaimana diperjuangkan oleh tokoh muda Kudu Gantiang Alfian Tanjung tentunya perlu disahuti oleh semua pihak terkait. Baik itu oleh Bupati Padangpariaman, Bupati Agam, Walikota Pariaman hingga Gubernur Provinsi Sumatera Barat. (Yurisman Malalak)

×
Berita Terbaru Update