Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gerak Cepat Pemprov Sumbar Perbaiki Ruas Jalan Terban di Malalak

Senin, 01 April 2024 | 11:12 WIB Last Updated 2024-04-01T04:29:36Z

 

Jalan Malalak

Malalak---Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dibawah pimpinan Gubernur Mahyeldi Ansharullah agaknya merespon cepat perbaikan ruas jalan Malalak, yang selama ini dikenal sebagai jalan alternatif Sicincin-Malalak, Balingka. Hal itu setidaknya terlihat dengan dilakukannya perbaikan sejumlah ruas jalan yang rusak atau longsor, seperti yang terjadi di kawasan Karak Pipia, Jorong Nyiur Nagari Malalak Selatan.

Seperti pantauan koran ini sepanjang beberapa hari belakangan, puluhan pekerja tampak sibuk membenahi ruas jalan yang losngsor di kawasan itu, dengan memasang batu baronjong. Demikian pula pemasangan dam di beberapa sisinya.

Sebelumnya, Camat Malalak, Rahmat Fajri,S.Sos, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya menyebutkan, kerusakan atau longsor yang terjadi di ruas jalan di kawasan itu terjadi beberapa bulan lalu, bersamaan turunya hujan lebat yang mengguyur kawasan Kecamatan Malalak dan sekitarnya. "Pada saat itu, selain di kawasan Karak Pipia, juga ada beberapa titik ruas jalan lainnya yang mengalami terban. Makanya tidak menunggu lama, kita dari pemerintah Kecamatan langsung membuat laporan tertulis ke pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas PU dan Tarkim Kabupaten Agam, untuk kemudian bisa ditindaklanjuti ke pihak terkait di tingkat Provinsi. "Saat itulah kita mengetahui jika pihak pemerintah provinsi sangat merespon laopran yang kita sampaikan. Dan terbukti, saat ini proses perbaikannya telah dilakukan, bahkan pengerjaanya telah melebihi 60 persen," terangnya.

Terkait hal itu, pihaknya sebut Rahmad Fajri tentunya sangat mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan berbagai pihak, baik itu kepedulian dan respon cepat yang dilakukan pihak pemerintah provinsi, maupun pihak Dinas PU dan Tarkim Kabupaten Agam dalam menindaklanjuti surat atau laporan yang kita sampaikan," terangnya.

Diakuinya, jika keberadaan ruas jalan tersebut sangat fital artinya dalam menunjang akses transportasi masyarakat yang hendak menuju Kota Buitinggi, atau ibukota Provinsi di Padang. Demikian pula sebagai akses penting penghubung srana transfortasi menuju kabupaten tetangga, Padangpariaman dan Kota Pariaman.

"Makanya atas nama seluruh komponen masyarakat Kecamatan Malalak, kita jelas sangat mngepresiasi dan berterima kasih kepada pihak provinsi, yang telah bertindak dengan cepat membenahi kerusakan ruas jalan di kawasan itu," terangnya.

Senada dengan itu diakui Walinagari Malalak Selatan, Amir Koto, B.Sc dihubungi terpisah juga sangat berterima kasih atas sikap responsif yang ditunjukkan pihak terkait di jajaran pemerintah Provinsi Sumbar dalam membenahi dan memperbaiki kembali ruas jalan Malalak-Sicincin yang sempat mengalami terban beberapa waktu lalu. Menurutnya, akses ruas jalan alternatif Sicincin Malalak Balingka yang melewati beberapa nagari di Kecamatan Malalak, termasuk Nagari Malalak Selatan, tentunya sangat strategis perannya dalam menunjang kelancaran akses perhubungan antar beberapa daerah yang bertetangga dengan Kabupaten Agam. "Apalagi pada saat lebaran, biasanya ruas jalan di kawasan ini sangat ramai dilalui pengendara, tidak terkecuali saat diberlakukannya jalur one way pada lebaran tahun lalu. Jadi dengan diperbaikinya ruas jalan yang rusak tersebut, tenttu para pemudik nantinya akan bisa melewatinya dengan rasa nyaman dan aman. Begitu pula warga lainnya yang hendak merayakan lebaran" terangnya. (Yurisman Malalak)

×
Berita Terbaru Update