Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

KPU Rekapitulasi, Sejumlah Caleg dan Perwakilan Hadir Sampaikan Klarifikasi

Jumat, 01 Maret 2024 | 10:33 WIB Last Updated 2024-03-01T03:33:24Z
Jajaran KPU Kota Pariaman


PARIAMAN --- Proses rekapitulasi hasil pemilu yang dilakukan jajaran KPU Kota Pariaman Kamis kemarin di ruang pertemuan Hoten Nan Tongga Kota Pariaman. Jalannya rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dipimpin langsung Ketua KPU Kota Pariaman Ali Unan, terlihat berlangsung dalam suasana hangat.


Sejumlah perwakilan saksi partai maupun saksi caleg yang hadir sempat menyampaikan sanggahan dan klarifikasinya terkait jalannya proses rekapitulasi hasil penghitungan suara.


Beberapa sanggahan maupun klarifikasi yang diajukan para undangan yang hadir kebanyakan berkaitan dengan hasil rekapitulasi sirekap, yang disebutkan sempat ditemukan beberapa perbedaan dengan input C hasil atau hasil rekapitulasi secara manual yang dilakukan jajaran PPK di tingkat Kecamatan sebelumnya.


Seperti diakui salah seorang peserta yang hadir, terjadinya perbedaan antara data sirekap dengan C hasil yang telah diinput oleh pihak PPK sebelumnya tentunya perlu diluruskan oleh jajaran KPU.


Senada dengan itu diakui Elmahmudi salah seorang anggota Bawaslu Kota Pariaman yang juga selaku Koordiv. Hukum, Penangganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, ditemukannya sejumlah perbedaan data antara C hasil yang diimput oleh pihak PPK dengan sistim yang terdapat aplikasi sirekap milik KPU, tentunya perlu dicarikan solusinya.


“Mungkin untuk proses pengimputan yang dilakukan KPU hari ini sebaiknya data manualnya bisa difoto ulang, sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai data pembanding jika  masih ditemukan perbedaan data dengan sistim yang ada di sirekap.


Menanggapi hal itu Ketua KPU Ali Unan menegaskan,pada dasarnya tidak ada yang salah dengan sistim aplikasi sirekap yang dimiliki oleh pihak KPU.Hanya saja lanjutnya terkait adanya perbedaan data dengan C hasil yang ada maka itulah nantinya yang akan dicocokkan lagi,sehingga nantinya bisa menjadi data yang bisa dipedomani bersama.


“Karena itu kita tentunya sangat berterima kasih atas berbagai masukan yang diberikan oleh undangan yang hadir, yang jelas kita dari pihak KPU tentunya akan tetap berpedoman pada hasilpengimputan C hasil yang ada, hanya jika ditemukan perbedaan data mungkin inilah yang akan kita cocokkan lagi,” terangnya.


Jalannya proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Kamis kemarin terlihat berjalan tertib, untuk pengamanan jalannya acara pihak KPU sebut Ali Unan sebelumnya telah berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri serta Satuan Polisi Pamong Praja lainnya. Jika tidak ada aral melintang proses rekapitulasi hasil penghitungan suara akan berlangsung hingga Jumat besok.(ris)

×
Berita Terbaru Update