Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kucing Kucingan Dengan Petugas, Panwas Aktif Terima Aduan Warga

Minggu, 18 Februari 2024 | 08:48 WIB Last Updated 2024-02-18T05:03:41Z

 


Daswisman Bersama Sekretaris Bawaslu Padangpariaman


PADANGPARIAMAN----  Ketua Panwascam Kecamatan Patamuan Darwisman menyatakan jajaran Panitia Pengawas Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman pasca dilantik hingga kini aktif menindaklanjuti berbagai laporan warga aupun partai politik peserta  pemilu. 


Ketua Panwascam Patamuan Darwisman menyatakan pihaknya dari Panwasca sempat menerima beragam laporan dari berbagai pihak. Tidak terkecuali diantaranya terkait adanya praktik bagi-bagi uang atau terjadinya money politic oleh caleg dari partai tertentu.


"Namun setelah hal itu kita cek dan telusuri ke lapangan bersama personil kepolisian, ternyata kita tidak menemukan praktik seperti yang dilaporkan tersebut," kata Dawrwisman kematin.


Mungkin katanya, bisa saja mereka berusaha untuk kucing-kucingan dengan petugas, hingga detik ini setelah selesainya proses pemungutan suara, belum ada pelaku money politik yang tertangkap tangan.


"Namun yang jelas sebagai penanggungjawab pengawasan pemilu kita tentunya harus selalu proaktif melakukan pengawasan ke bawah," terangnya.


Lebih jauh Darwisman menyebutkan, terkait kemungkinan adanya praktik kecurangan seperti praktik money politik oleh pihak tertentu agaknya bisa saja terjadi.


Hanya saja lanjutnya sejauh ini pihaknya belum menemukan bukti atau fakta kuat terkait praktis seperti itu. "Karena kan bisa saja pihak yang memberikan uang itu berdalih bahwa uang yang diberikan atau dibagikan itu untuk keperluan biaya saksi atau untuk keperluan lain. Jadi disinilah kesulitan kita untuk bisa membuktikannya," ujarnya.


Belum lagi sebagai penanggungjawab bidang pengawasan pihaknya dari jajaran Panwas juga tentunya membutuhkan safety atau jaminan keamanan dari berbagai keungkinan risiko yang akan terjadi di lapangan. 


"Karena itulah solusinya kita sering berkoordinasi dengan jajaran kepolisian termasuk turun secara bersama untuk memonitor setiap pelanggaran yang terjadi," ujarnya.


Lagi pula sebutnya dengan jumlah tenaga Panwas yang relatif terbatas terutaa jika dibandingkan luasnya wilayah kecaatan yang mesti diawasi itu juga menjadi kendala dan keterbatasan tersendiri bagi pihaknya. "Jadi tidak heran jika di lapangan akhirnya sering terjadi aksi kucing-kucingan antara petugas dengan pata pelanggar aturan peilu yang ada, termasuk mereka yang cenderung melakukan aksi  bagi uang jelang pemilu berlangsung.


"Namun demikian ke depan tentunya praktik money politik atau berbagai peluang terjadinya praktik bagi-bagi uang mesti harus diminimalisir sedemikian rupa. Karena bagaimana pun praktik seperti itu jelas bisa mencederai semangat kehidupan demokrasi yang sehat dan bermartabat," tandasnya mengakhiri.(ris)


×
Berita Terbaru Update