Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Daerah Rawan Bencana, Bupati Suhatri Bur Sukseskan Pelaksanaan HKB

Minggu, 18 Februari 2024 | 08:56 WIB Last Updated 2024-02-18T01:56:25Z

 

Bupati Suhatri Bur Bersama Jaarannya Saat Terima Tamu BNPB




PADANGPARIAMAN Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyambut baik dan menyatakan kesiapannya dalam menyukseskan even Hari Kesiapsiagakan Bencana (HKB) yang direncanakan akan digelar pada 26 April 2024 mendatang di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat, Katapiang, Kecamatan Batang Anai. 


"Lokasinya berbatasan langsung dengan pesisir pantai. Kita jajaran Pemerintah Daerah Padangpariaman serta masyarakat siap mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan HKB ini," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur kemarin, usai melaukan pertemuan dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).


Katanya, dengan ditunjuknya Padangpariaman sebagai tuan rumah peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Deputi Pencegahan BNPB Prasinta Dewi bersama dengan Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo melakukan pertemuan dengan Pemkab Padangpariaman.


Kunjungan rombongan dari BNPB Pusat disambut Bupati Padangpariaman Suhatri Bur didampingi Sekdakab Rudy Repenaldi Rilis bertempat di ruang kerjanya.


Diketahui, Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) bertujuan untuk membudayakan latihan kebencanaan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan. Hal demikianvguna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia tangguh bencana.


Katanya, daerahnya ditunjuk sebagai tuan rumah dalam event nasional tersebut, menandakan telah matangnya kesiapsiagaan Pemkab Padangpariaman telah matangnya kesiapsiagaan bersama masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana. Karena, mengingat letak geografis Padangpariaman berada di titik rawan bencana.


Sementara itu, Deputi Pencegahan BNPB Prasinta Dewi mengungkapkan, penyelenggaraan HKB merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.


"Penyelenggaraan HKB di Padangpariaman ini, semoga akan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana," tambahnya.


Rangkaian kegiatan melalui HKB tersebut adalah Apel Akbar HKB, simulasi evakuasi bencana, pameran peralatan kebencanaan, workshop dan seminar kebencanaan, dan partunjukan kesenian tradisional. Selain itu juga akan diadakan sarasehan di Gubernuran Sumatera Barat.


Dalam pertemuan tersebut, terlihat Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat Fajar Sukma. Kepala Satlak BPBD Padangpariaman Budi Mulya didampingi Sekretaris BPBD Edison dan Kabid Pencegahan Zulfikar, Asisten II Zainil, Kepala DPMD Hendri Satria dan Kabid IKP Diskominfo Heri Sugianto.(eri)


 

×
Berita Terbaru Update