Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mari Berbondong Bondong Berinfak, Batagak Kudo Kudo Surau Acara Adat Perlu Dipertahankan Dalam Membangun Saran Ibadah

Senin, 08 Januari 2024 | 11:02 WIB Last Updated 2024-01-08T04:02:35Z
Bupati Saat Acara



PADANGPARIAMAN --  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengajak semua lampisan masyarakat untuk berbondong bondong untuk berinfak dalam pembangunan Surau Ponggong di Korong Simpang Koto Hilalang Nagari Sikucur Timur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padangpariaman.

"Sebab, semakin banyak kita sebagai umat Islam memberikan infak atau sedekah kepada sarana ibadah atau kepada masyarakat yang tidak mampu yakinlah uang kita semakin banyak dikasih Allah SWT," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur , kemarin, usai menghadiri batagak Kudo Kudo Sungao Ponggong.  

Katanya, Pemkab Padangpariaman sangat mendukung pelaksanaan batagak kudo-kudo surau ini, karena dalam acara ini terlihat semangat gontong masyarakat membangun rumah ibadah.

Dikatakan, batagak kudo-kudo adalah tradisi membangun yang dilengkapi dengan acara adat. Batagak kudo-kudo merupakan upacara ritual adat yang dilaksanakan saat akan membangun rumah pribadi, sarana umum dan tempat ibadah seperti pembangunan Surau Ponggong ini.

Suhatri Bur  apresiasinya terhadap rasa kekeluargaan yang terus dipertahankan oleh masyarakat di Nagari Sikucur Timur ini  ini dalam membangun sarana ibadah.

Dengan batagak kudo-kudo ini pembangunan prasarana umum rumah ibadah maupun rumah pribadi jadi lebih cepat. Rasa kekeluargaan membuat masyarakat sekitar bergotong-royong dalam hal dana, atap seng hingga pengerjaannya. “Semoga dengan adanya ini dapat meningkatkan nilai spiritual dalam bermasyarakat,” kata Suhatri Bur mengakhiri.(nn) 

×
Berita Terbaru Update