Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Buka Bimtek, Ketua PPK Padang Sago Minta KPPS Memahami Tugasnya di TPS

Sabtu, 27 Januari 2024 | 10:57 WIB Last Updated 2024-01-27T03:58:02Z



PADANG PARIAMAN - Panitia Penyelenggara Kecamatan Padang Sago membuka bimbingan teknis (bimtek) Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Padang Sago, bertempat di Aula Kantor Camat Padang Sago, Sabtu (27/1).


Ketua PPK Kecamatan Padang Sago, Ade Yunanda Irawan mengatakan, bimtek akan berlangsung selama 3 hari ke depan. Mulai dari tanggal 27 hingga 29 Desember 2024 mendatang.


"Untuk pembukaan peserta KPPS yang hadir ada dua nagari dengan total sebanyak 70 orang peserta dari 210 KPPS," jelasnya.


Ia berharap dengan adanya bimtek KPPS bisa memahami tugas mereka selama pelaksanaan pemilu. Serta proses rekapitulasi atau perhitungan suara berjalan dengan baik sampai di KPU.


Sehingga salah satu materi penting dalam bimtek yakni terkait pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Ia berharap para KPPS bisa menguasai aplikasi tersebut.


“Harapannya dengan bimtek ini petugas KPPS bisa memahami tugas mereka. Dan tentu proses pemungutan suara nanti bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.


Sementara itu, Camat Padang Sago, Zarmiati berharap bimtek melahirkan KPPS yang profesional, berintegritas dan punya legalitas hukum


Dengan begitu pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan lancar. Sebab salah satu masalah dalam pemilu diakibatkan tidak cakapnya penyelenggara lantaran tidak paham terhadap aturan.


“Potensi kecurangan bisa dicegah jika petugas memahami aturan. Sehingga penting agar mereka paham betul aturannya seperti apa,” kata dia. 


Untuk diketahui juga, bimtek juga dihadiri oleh Kapolsek Sungai Sariak, Koramil Sungai Sariak, Panwascam VII Padang Sago, Anggota PPK dan PPS se Kecamatan Padang Sago. (nal) 

×
Berita Terbaru Update