Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pergunakan Masjid Selain Tempat Ibadah, Juga Untuk Kehidupan Masyarakat Dalam Perbaikan Ekonomi

Senin, 20 November 2023 | 07:24 WIB Last Updated 2023-11-21T07:04:01Z

Bupati Suhatri Bur Saa Resmikan Masjid

PADANGPARIAMAN ----  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur meminta semua lampisan masyarakat untuk mempergunakan tempat ibdah, mulai masjid dan surau atau musalla agar pergunakan untuk siarkan agama Islam. Sehingga agama Islam akan selalu menjadi pedoman kehdupan masyarakat.


"Semua itu penting dilakukan agar semua lampisan masyarakat dalam menjalankan roda kehidupan sesuai dengan agam Islam. Dengan demikian masyarakat kita kehidupan semakin lebih baik setiap harinya karena berjalan dengan agama Islam," kata Bupati Suhatri Bur, kemarin. 


Jadi kataya, ia meresmikan mesjid Fii Sabillillah Dumai yang indah dengan arsitektur khas minangkabau ini sangat kagum. Makanya, ia himbau semua lampisan masyarakat untuk pergunakan Masjid untuk setiap kegiatan keagaman di Kota Dumai ini, apalagi arsiteknya khas MInangkabau.


Sehingga Suhatri Bur mengharapkan  fungsi masjid saat ini dapat seperti yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Kenapa tidak Rasulullah SAW sendiri juga telah memfungsikan masjid tidak hanya menjadikan masjid sebagai sarana ibadah ritual seperti shalat dan membaca Al-Qur’an, tetapi juga memakmurkannya dengan dakwah, pendidikan, serta kegiatan sosial seperti pembagian zakat, qurban, pernikahan, diskusi masalah umat, dan lain-lain.


Kemudiankatanya, Masjid juga harus menjadi tempat untuk saling tolong menolong dalam memulihkan ekonomi masyarakat, baik melalui penyaluran zakat, infaq, dan sedekah, maupun gerakan pemberdayaan ekonomi umat.


Artinya jelas Suhatri Bur, masjid hendaknya dijadikan tempat untuk mengembangkan dakwah islamiah menggunakan pendekatan atau cara yang moderat (wasathiyah), yang menekankan pada kesantunan dan persaudaraan, serta menghindarkan cara-cara permusuhan dan kebencian, sesuai dengan prinsip ajaran Islam sebagai rahmat bagi alam semesta (rahmatan lil ‘alamin).


"Saya sangat berharap  agar Masjid ini memiliki manfaat yang besar dan banyak bagi masyarakat. Sebab menurutnya pembangunan Masjid selain untuk menyediakan tempat beribadah yang nyaman, damai, dan ramah, juga untuk menghadirkan keberkahan bagi lingkungan sekitarnya," tandasnya. (nn)


×
Berita Terbaru Update