Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Penyuluh Pertanian Vital, Pertanian Miliki Peranan Penting dan Strategis Dalam Pembangunan

Jumat, 24 November 2023 | 08:39 WIB Last Updated 2023-11-24T01:39:48Z
Bupati Suhatri Bur  saat acara



PADANGPARIAMAN.  -----  Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional. Pembangunan di bidang pertanian merupakan salah satu prioritas utama yang dilaksanakan di Kabupaten Padangpariaman.

"Dengan mayoritas penduduk Padangpariaman yang bergelut di sektor usaha penghasil pangan, tambahnya, keberadaan penyuluh pertanian merupakan sesuatu yang vital. Pasalnya, keberhasilan produksi hasil pertanian di Kabupaten Padangpariaman tidak terlepas dari peran serta penyuluh pertanian," kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, saat Musyawarah Daerah Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ke IV Perhimpunan Penyuluhan Pertanian (Perhiptani) Kabupaten Padangpariaman.

Untuk itu katanya, Perhiptani diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dalam penyuluhan pertanian sehingga apa yang diharapkan petani sebagai solusi dapat terjawab sehingga produksi hasil pertanian bisa meningkat.

Sebagai ujung tombak terdepan yang langsung berhadapan dengan masyarakat tani, penyuluh pertanian harus memiliki kemampuan, kapasitas, maupun kompetensi dalam melakukan pendampingan dan pemberdayaan kepada petani untuk mengatasi setiap kendala yang dihadapi petani dalam usaha tani yang dikelolanya.

"Sehingga diharapkan terciptanya petani-petani yang tangguh dan mandiri, yang memiliki kemampuan dalam mengatasi permasalahan usaha taninya demi terwujudnya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan," ungkapnya.

Sementara Ketua DPW Perhiptani Provinsi Sumatera Barat Salman Alfarizi mengucapkan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya Musda ke IV di Padangpariaman ini. Ia mendorong Perhiptani Padangpariaman untuk terus berbenah dan melahirkan penyuluh pertanian berkualitas di Padangpariaman.

Sementara itu, Ketua DPD Perhiptani Padangpariaman Arliyus mengatakan, Perhiptani lahir sebagai wadah pembinaan bagi para penyuluh pertanian sehingga dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para penyuluh dalam mensukseskan pembangunan pertanian di Kabupaten Padangpariaman.

Musda yang berlangsung selama 1 (satu) hari ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman dan Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Zulkarisman, serta diikuti oleh jajaran pengurus Perhiptani DPD Padangpariaman dan Perhiptani DPD Kota Pariaman, juga DPC Kecamatan se-Kabupaten Padangpariaman. (eri)




×
Berita Terbaru Update