Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hebat ! Puskesmas Koto Bangko Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI

Rabu, 22 November 2023 | 09:13 WIB Last Updated 2023-11-23T00:50:34Z


PADANG PARIAMAN
- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) Koto Bangko, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman meraih akreditasi paripurna yang diberikan Kementerian Kesehatan RI atas mutu pelayanan di tempat itu.


Diketahui, akreditasi yang diterima itu merupakan legitimasi tertinggi terhadap mutu pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama dan sertifikat diterbitkan November 2023 berlaku hingga 2028.


"Alhamdulillah Puskesmas Koto Bangko lulus Akreditasi Paripurna, setelah sebelumnya menjalani penilaian akreditasi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang dilakukan lembaga akreditasi pada November 2023,” ujar Kepala Puskesmas Koto Bangko, Siskawati. SKM.


Dijelaskannya, Puskesmas Koto Bangko sebelumnya telah menjalani survei akreditasi pertama pada tahun 2018 dengan hasil Dasar. Saat ini untuk pertama kalinya, Puskesmas Koto Bangko mendapat Akreditasi Tingkat Paripurna.


“Akreditasi ini menjadi pengakuan terhadap mutu pelayanan faskes tingkat pertama. Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi. Predikat ini diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di faskes tingkat pertama,” terangnya.


Ia menuturkan, Penanggungjawab Akreditasi yang terlibat ada Admin, UKP, Mutu, UKM dan PPN. Sehingga Puskesmas koto Bangko punya tim solid. Dan bekerja Ikhlas, tuntas dan berkesinambungan.


Terkait akreditasi Paripurna yang diterima Puskesmas Koto Bangko, Siskawati mengungkapkan, upaya peningkatan mutu pelayanan yang sudah dilaksanakan, mulai dari sarana, prasarana dan segi pelayanan serta program nasional.


“Mudah-mudahan kami bisa terus mempertahankan predikat ini dan seluruh petugas di Puskesmas Koto Bangko bisa meningkatkan mutu pelayanan. Predikat ini menjadi pemicu dan pemacu semangat melayani,” tutupnya.


Dikatakan Siskawati, untuk mendapatkan akreditasi paripurna ini tidak lepas dukungan dan arahan dari Kepala Dinas Kesehatan Aspinuddin beserta jajaran. Pasalnya, berkat arahan itu Puskesmas Koto Bangko bisa meraih akreditasi ini.


Sementara itu, Penanggung Jawab Akreditasi Puskesmas Koto Bangko, dr. Yedhisia Ramadani Putri mengungkapkan bahwa persiapan ini mulai dari bulan Juli. Namun untuk mempersiapkan proses dokumentasi akreditasi sebenarnya untuk proses pelayanan sudah dilakukan jauh-jauh hari.


"Tapi untuk dokumentasi kita mulai dari bulan Juli dan persiapan yang kita lakukan memotivasi teman-teman akan potensi dia yang ada sehingga teman-teman menjadi percaya diri untuk menyampaikan apa yang dia kerjakan," jelasnya.


Dalam penilaian termasuk salah satunya itu pelayanan rawat jalan bisa memotivasi teman-teman untuk melaksanakan sesuai dengan protap atau sop yang sesuai dengan akreditasinya.


Ia menuturkan , penilaian itu dimulai dari perencanaan Puskesmas itu di bagian administrasi. "Puskesmas ini kan tidak hanya di bagian pelayanan namun juga ada kegiatan-kegiatan di masyarakat. Pasalnya, upaya kesehatan masyarakat itu juga fokus dari tim penilai terutama pada bagian program nasional seperti imunisasi, TB, Stunting untuk menurunkan angka kematian bayi dan ibu," kata dia.


Setelah menjalani dengan persiapan, Alhamdulillah seluruh mendapatkan pujian dari tim penilai dan tidak ada perbaikan dokumen apapun sehingga sebelum nilai keluar pun pihaknya sudah meyakini bahwa apa yang dikerjakan tim akan mencapai nilai maksimal. (nal) 

×
Berita Terbaru Update