Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

KB. RB. Basa Sembelih 3 Ekor Sapi Kurban

Rabu, 28 Juni 2023 | 20:32 WIB Last Updated 2023-06-28T13:32:54Z

Penyembelihan Sapi Kurban

RS.Gadur --- Keluarga Besar Rangkayo Bandaro Basa (Suku Jambak) Nagari Gadur Kecamatan VI Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Lakukan Pemotongan 3 Ekor Sapi Kurban pada Rabu (28/06/23)



Pemotongan sapi kurban bertempat di halaman Surau Lubuak milik kaum suku jambak Korong Simpang. Dihadiri oleh Mamak suku dan Pemuka Kaum lainnya.



Memotong-motong Daging Kurban

Penghulu suku Mulyadi Rangkayo Bandaro Basa didampingi Tan Malapasah S.A Eka Putra, mengatakan
Pada Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M tahun ini Keluarga Besar Rangkayo Bandarao Basa Berqurban sebanyak 3 ekor sapi.


"Yang merupakan sumbangan dari kaum RB. Basa yang berada di kampuang dan perantauan. Diadakan setiap tahun, dengan tujuan untuk Meningkatkan silaturrahmi dan mengikat rasa kekeluargaan  sesama Keluarga Besar RB. basa dan warga sekitar,"ujar Eka yang merupakan koordinator lapangan.


Dia menambahkan, pada tahun ini sapi kurbannya berkurang, tidak seperti tahun sebelumnya yakni sebanyak 5 ekor. 


"Mungkin karena faktor ekonomi juga, pasca pandemi covid-19 beberapa tahun yang lalu. Yang mengakibatkan seluruh sektor usaha jadi jatuh, sehingga berpengaruh pula pada jumlah sapi kurban,"ujar dia


Sapi Kurban Yang Akan Disembelih

Dia melanjutkan, karena pada umumnya yang berkurban merupakan para usahawan dan pedagang. mudah-mudahan tahun depan kembali bertambah seperti semula. 


"Para perantau yang berasal dari Kaum RB. Tidak hanya berada di wilayah NKRI saja, namun juga ada di Amerika yang bekerja di sektor minyak bumi. Dan ada juga yang di Aparatur Negara seperti Kepolisian dan TNI,"tutup Eka (wrm/RS)
×
Berita Terbaru Update