Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jadikan Sebagai Penyemangat, Pemkab Raihi Penghargaan UBM Kementrian Kesehatan RI

Jumat, 09 Juni 2023 | 09:41 WIB Last Updated 2023-06-09T02:41:13Z

Kadis Aspinuddin Saat Terima Penghargaan

PADANGPARIAMAN - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, kemarin, menerima penghargaan Satisaya dari Kementerian Kesehatan Repolik Indonesia tentang keberhasilan inovasi Puskesmas Lubuk Alung sebagai Puskesmas Inovatif dalam penyelenggaraan layanan upaya berhenti merokok (UBM).


"KIta sekarang menerima piagam penghargaan tersebut," kata  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman  H. Aspinuddin, pada acara puncak Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Kementerian Kesehatan.

 

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, Direktur Pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular Eva Susanti, Director The Union Asia Pasifik Tara Singh Bam dan Ketua Tim Populasi Lebih Sehat dan Penyakit Tidak Menular WHO Indonesia, Lubna Bhatti.  


Wamenkes Dante Saksono Harbuwono berharap penghargaan yang diberikan dapat menjadi semangat sekaligus motivasi daerah untuk memperkuat komitmennya dalam mengendalikan konsumsi tembakau demi menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas dan berdaya saing.


Pasalnya, katanya,  persentase perokok aktif di Indonesia terus meningkat. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) melaporkan prevalensi perokok anak usia 10–18 tahun meningkat dari 7,2% (2013) menjadi 9,1% (2018). Ini menempatkan Indonesia berada di peringkat ketiga jumlah perokok aktif terbesar di dunia setelah Tiongkok dan India.


“Fakta tersebut mengharuskan kita untuk melakukan implementasi mulai dari berbagai peraturan kebijakan, evaluasi, edukasi dan promosi kepada masyarakat tentang kampanye tidak merokok,” ucap Wamenkes mengakhiri.(jimi)

×
Berita Terbaru Update