Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Baznas Serahkan Beasiswa Tingkat SD dan SMP se Padangpariaman 2023 Rp 1.000.568.000

Jumat, 16 Juni 2023 | 10:19 WIB Last Updated 2023-06-16T03:19:23Z

Baznas Padangpariaman Saat Serahkan Beeasiswa Zakat

PADANGPARIAMAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Padangpariaman bersama Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Padangpariaman menyerahkan bantuan beasiswa untuk pelajar kurang mampu  dan berprestasi di Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padangpariaman.


"Kita berharap bantuan tersebut saya harapkan dapat meringankan beban perekonomian masyarakat," kata Wakil Ketua Baznas Padangpariaman Fajri Zaki, kemarin.


Katanya, dana beasiswa ini bersumber dari Zakat, Infaq dan Sedekah ( ZIS) titipan dari masyarakat dan para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Pemkab Padangpariaman. 


"Sekarang bantuan beasiswa ini secara simbolis kita serahkan," ujarnya.


Sementara Kasi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Batang Gasan, Basri mengatakan, pemberian beasiswa pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kecamatan Batang Gasan merupakan wujud apresiasi, kepekaan, keprihatinan serta kepedulian sosial Pemerintah Kabupaten Padangpariaman bersama Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Padangpariaman kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Batang Gasan dan sekitarnya.


"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dan pengurus BAZNAS Kabupaten Padangpariaman atas terselenggaranya kegiatan penyerahan bantuan beasiswa berprestasi kepada penerima beasiswa pendidikan BAZNAS untuk pelajar tingkat SD dan SMP yang bersumber dari zakat, infaq dan sedekah (ZIS) dari masyarakat dan juga Aparatur Sipil Negara (ASN) PNS dan PPPK Pemkab Padangpariaman. Semua ini tentunya merupakan wujud apresiasi, kepekaan, keprihatinan serta kepedulian sosial Pemerintah Kabupaten Padangpariaman bersama BAZNAS Kabupaten Padangpariaman terhadap sesama," ujar Basri.


Selain itu kegiatan ini juga merupakan suatu refleksi dan wujud empati, kecintaan terhadap sesama masyarakat. "Diharapkan dapat mendorong terwujudnya kesalehan sosial dalam kehidupan masyarakat di wilayah Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padangpariaman," ujarnya.


Untuk itu, Pemerintah Kecamatan Batang Gasan turut bangga dan berterima kasih kepada seluruh jajaran pengurus BAZNAS Kabupaten Padangpariaman serta para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Padangpariaman karena telah turut serta membantu melalui program peduli terhadap masyarakat di wilayah Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padangpariaman.


Dalam UU Nomor : 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan dan peningkatan mutu serta relevansi pendidikan untuk menghadapi tantangan perubahan kehidupan lokal, nasional dan globalisasi.


Hal ini juga menjadi komitmen Pemkab Padangpariaman di bidang pendidikan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 80 tahun 2013 tentang Pendidikan Menengah Universal. Dimana anak usia jenjang pendidikan menengah tidak lagi putus sekolah dikarenakan kurangnya biaya.


Kepada para penerima bantuan disampaikan bahwa semua pelajar tingkat SD dan SMP yang menerima bantuan beasiswa pendidikan dari BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman ini adalah pelajar yang terpilih dan beruntung. Mengingat dan melihat bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang masih belum dapat kesempatan dan seberuntung kalian yang hadir pada saat ini.


Jadi kepada pelajar dan Orangtua murid atau siswa yang hadir, harus menunjukkan kemampuan terbaik karena untuk mendapatkan fasilitas beasiswa ini tidaklah mudah, sebab harus melalui seleksi yang ketat dan hanya yang paling unggul yang akan terpilih.


Kemudian Fakhri Zaki yang juga Wakil Ketua III Perencanaan Keuangan dan Pelaporan BAZNAS Kabupaten Padangpariaman menyampaikan bahwa dalam pendistribusian beasiswa pendidikan dari BAZNAS Kabupaten Padangpariaman untuk pelajar tingkat SD dan SMP se Kabupaten Padangpariaman tahun 2023 adalah sebesar 1.000.568.000 (Satu Miliar Lima Ratus Enam Puluh Delapan Ribu Rupiah) untuk 3.750 orang siswa tingkat SD dan SMP dimana terdiri dari SMP adalah 680 orang dan SD adalah 3.070 orang. 


Katanya, untuk Batang Gasan terdiri dari SMP sebanyak 30 orang dan SD sebanyak 105 orang jadi totalnya 135 orang penerima bantuan beasiswa pendidikan dari BAZNAS Kabupaten Padangpariaman.(eri)


×
Berita Terbaru Update