Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ujudkan Satu Data, Kominfo Bersama Statistik Gelar FGD

Jumat, 24 Februari 2023 | 09:51 WIB Last Updated 2023-02-24T02:51:34Z

 

Stasistik dan Kominfo Saat Acara

PADANGPARIAMAN - Kepala Dinas Kominfo  Zahirman menyatakan dalam rangka mewujudkan satu data Indonesia Badan Pusat Statistik Kabupaten Padangpariaman menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema finalisasi penyusunan publikasi Padangpariaman dalam angka 2023 dan pembinaan data statistik sektoral.


"Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyediakan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan daerah, serta mendorong keterbukaan dan transparansi Data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data serta dapat dijamin kebenarannya kepada Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Kominfo sebagai Wali Data Statistik Sektoral," kata Kepala Dinas Kominfo  Zahirman, kemarin.


Dia menyebutkan perencanaan pembangunan yang tepat sasaran akan dapat menjawab permasalahan daerah dengan memerlukan data yang akurat, lengkap, berkesinambungan, dan terkini yang bersumber dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi,dan lembaga lainnya yang ada di daerah.


“Data yang berkualitas sangat diperlukan untuk menyusun perencanaan, melakukan evaluasi, membuat keputusan, dan memformulasikan kebijakan agar sasaran kegiatan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien,” ungkapnya.


Lebih lanjut Zahirman juga mengajak kepada semua peserta baik dari unsur OPD, Perguruan Tinggi/BUMN/BUMD, maupun instansi vertikal yang merupakan sumber data agar melakukan konsolidasi data dan dapat memberikan data yang cepat dan dan akurat , sehingga data yang akan diterbitkan nanti valid dan tepat waktu. 


“Melalui data yang akurat dan up to date, Pemerintah Daerah dapat menentukan arah dan kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan Sehingga Pemerintah pusat maupun Pemerintah Kabupaten Padangpariaman dapat memanfaatkan publikasi tersebut sebagai bahan baku penyusunan berbagai program kerja pada musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) mulai dari tingkat nagari hingga tingkat nasional,” ungkapnya.


Dalam upaya mewujudkan itu semua, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman bertekad untuk mengaktifkan kembali “Aplikasi Lumbung Data Padangpariaman” yang di koordinir oleh Dinasi Kominfo Padangpariaman untuk memudahkan suplai data dan penggunaanya secara lintas sektor kapan saja dan dimana saja.


Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan BPS terhadap OPD dan instansi tercepat dan terlengkap dalam mengirimkan data PPDA 2023 yaitu Dinas Perikanan, BPKD dan Pengadilan Agama serta turut disaksikan  oleh Forkopimda, Kepala Bapelitbangda dan Kepala BPS.(pendi)

 


×
Berita Terbaru Update