Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tekan Kasus Angka Kecelakaan Lalulintas, Usulkan Perbaikan dan Penambahan Marka Jalan ke Kementrian Perubungan RI

Selasa, 17 Januari 2023 | 15:07 WIB Last Updated 2023-01-17T08:07:06Z

Kadis Perhubungan Saat Serahkan Usulannya 

PADANGPARIAMAN - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Padangpariaman Rifki Monrizal menyatakan dinasnya menyampaikan usulan titik koordinat kegiatan bantuan teknis perlengkapan jalan untuk tahun 2023. 



Sistem manajemen lalulintas saat ini sangat penting dilakukan untuk menyusun database perlengkapan marka jalan yang telah terpasang di jalan- jalan yang ada di wilayah kerjanya.



"Karena ituah kita sekarang membuat usulannya kepada Kantor Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah III Provinsi Sumatra Barat," kata kepala Dinas Perhubungan Rifki Monrizal, kemarin.



Katanya, nanti akan diketahui dimana saja marka yang terpasang dan belum di Padangpariaman, baik di jalan nasional maupun jalan dalam wilayah kerja Dinas Perhubungan Padangpariaman. 



Apalagi katanya, dengan bantuan tersebutnantinya,  Dinas Perhubungan Padangpariaman dapat melengkapi semua marka jalan atau rambu rambu lalulintas dalam daerahnya.



"Kenapa tidak dengan usulan kita melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Sumatra Barat kepada Kementrian Perhubungan Ri tahun 2023 dapat terealisasi untuk daerahnya," ujarnya.



Dia telah meminta semua jajarannya untuk memeriksa rambu rambu, marka jalan, fasilitas kelengkapan jalan lainnya, karena menurutnya hal tersebut akan menjadi pertanyaan pertama publik. 



Kemudian lagi jelasnya, kecelakaan lalu lintas yang terjadi sebagian besar disebabkan, karena human error, tetapi kalau di titik kecelakaan itu ternyata tidak ada, tentu kelengkapan marka jalan.



"Oleh karena itu, fasilitas kelengkapan jalan menjadi hal yang vital, apalagi kalau kita memakai teknologi informasi tentang kelengkapan fasilitas marka jalan ini," ujarnya.



Kenapa tidak katanya, zaman sekarang ini pemerintah pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat harus connect dengan Provinsi sampai ke tingkat Kabupaten dan semoga cepat terealisasi.



Provinsi harus connect dengan kabupaten, karena itulah kita usulkan sekarang. Sehingga bisa bekerja lebih cepat, lebih efisien, bisa lebih akurat dan datanya bisa tersimpan dengan baik," ungkapnya.



Lebih jauh disampaikan Rifki Monrizal, usulan ini tindak lanjuti dari usulan Dinas Perhubungan Padangpariaman tahun 2021  dan dapat diakomodir tahun 2022, namun tertunda pelaksanaannya.



Pasalnya, lanjutnya,  ada adjusment anggaran di Kementrian Perhubungan RI, tetapi tahun 2023 ini dapat terealisasi usulan Dinas Perhubungan Padangpariaman.



Kemudian kata Kadis Perhubungan Padangpariaman itu, dalam rapat dengan BPTD Wilayah III Sumatra Barat ia juga menyampaikan beberapa kegiatan yang cukup urgen yang berada di jalur lintas nasional dan dimana sering terjadi kecelakaan lalulintas.



Jadi katanya, perlu pemasangan guard raill/pengaman jalan di tajakan Puncak Kiambang serta fasilitas perlengkapan lainnya untuk meminimalisir laka lalulintas.



"Seperti pemasangan warning light/lampu peringatan pada persimpangan RSUD dan depan Kantor Kemenag. Perbaikan lampu traffic light di Simpang Lintas Lubuk Alung, Sicincin dan Pauhkambar," tandas Rifki Monrizal mengakhiri (pendi)



×
Berita Terbaru Update