Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ketua KPU Zulnaidi : KPU Lakukan Verifikasi Faktual Partai Politik Secara Serentak

Senin, 17 Oktober 2022 | 14:25 WIB Last Updated 2022-10-17T07:25:18Z

Ketua KPU Zulnaidi Saat Akan Mulai Verifikasi Bersama Jajarannya

PADANGPARIAMAN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padangpariaman Zulnaidi menyatakan saat ini KPu lagi melaksanakan verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) telah dimulai dilaksanakan.


"Kita melakukan verifikasi untuk menghadapi agenda pemilu 2024, KPU Padangpariaman terlihat makin tinggi intensitas kerjanya dalam menjalankan agenda tahapan yang sudah dimulai sejak pertengahan Juni 2022 kemarin," kata Ketua KOU Padangpariaman Zulnaidi, kemarin.


Katanya, saat ini 3 (tiga) tim yang disiapkan KPU Padangpariaman sedang turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan; keberadaan kantor; dan keterwakilan 30℅ perempuan dalam kepengurusan. 


Dia langsung turun dalam kegiatan dimaksud yakni mengomandoi tim 1 didampingi Sekretaris KPU Darlis beserta 2 staf dengan tugas memverifikasi langsung partai UMMAT, PSI dan PKN. 


Ada juga Tim 2 yang dikomandoi Komisioner Ory Sativa dan Erik Eksrada yang turun ke partai PBB, HANURA dan PERINDO serta, tim 3 yang dikomandoi Komisioner Dewi Aorora dan Ratna Juita memverifikasi partai GARUDA, BURUH dan GELORA. 


Dikatakan, sesuai dengan regulasi yang ada, verifikasi ini berlangsung dalam rentang tanggal 15 Oktober sampai dengan 5 November 2022. 


KPU Padangpariaman katanya, baru mulai turun tanggal 16/10 karena menunggu selesainya verifikasi faktual kepengurusan parpol tingkat pusat yakni tanggal 15/10. KPU Padangpariaman mengagendakan verifikasi faktual kepengurusan akan selesai dalam dua hari saja (16-17/10) dan hanya 9 parpol saja yang diverifikasi faktual yakni partai baru dan partai yang tidak punya kursi di DPR RI (parpol Parlemen tidak difaktualkan alias hanya verifikasi administrasi). 


Zulnaidi menyebutkan bahwa verifikasi faktual kepengurusan dengan cara turun langsung ke kantor parpol bertujuan untuk memastikan kebenaran dan keabsahan kantor dan kelengkapannya, memastikan pengurus (ketua, sekretaris dan bendahara) adalah benar dan sesuai dokumen yang didaftarkan ke KPU RI melalui Sipol (sistem informasi partai politik) dan memastikan keterwakilan 30℅ perempuan dalam kepengurusan. 


Komisioner dua periode ini menambahkan bahwa setelah verifikasi kepengurusan selesai, maka selasa (18/10) KPU akan melanjutkan dengan verifikasi faktual anggota parpol kerumah masing-masing anggota parpol dimaksud. 


"KPU sudah menyiapkan 23 verifikator yang akan turun yang terdiri dari seluruh Komisioner beserta seluruh SDM sekretariat KPU Padang Pariaman. &Seluruh verifikator sudah dilatih dan dibekali dokumen yang diperlukan!," kata Zulnaidi. 


Verifikasi ini adalah perintah undang-undang agar parpol peserta pemilu bisa segera ditetapkan. Zulnaidi mengharapkan parpol yang akan diverifikasi benar-benar mempersiapkan diri dengan maksimal sehingga proses ini berjalan dengan aman lancar. Dukungan pemerintah daerah, TNI-Polri dan seluruh stakeholder dibutuhkan agar agenda bangsa ini berjalan dengan baik.


"Ayo memilih ditanggal 14 februari 2024," tandasnya menghiri . (zulnaidi)


×
Berita Terbaru Update