Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gubernur Sumbar Resmi Buka TMMD ke - 115 di Padang Pariaman

Selasa, 11 Oktober 2022 | 22:25 WIB Last Updated 2022-10-11T15:25:59Z

Gubernur Sumbar Mahyeldi pukul gong tanda dibukanya TMMD ke 115 di Kayutanam.

PARIAMAN
- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 di Kabupaten Padang Pariaman resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar). 


Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengaku bangga dengan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). 

"Karena pekerjaan yang kelihatannya berat bisa menjadi ringan karena dilaksanakan secara bersama-sama atau gotong royong.Demikian juga dengan hasil yang dipetik juga sangat berkualitas," ungkap Mahyeldi di lokasi TMMD pada kawasan Kayu Tanam, Selasa 11 Oktober 2022.

Menurut Gubernur, lewat TMMD, masyarakat dan TNI juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Polri, pemuda desa hingga organisasi kemasyarakatan turun tangan membangun desanya.

"TMMD juga bisa dijadikan menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap NKRI dan ideologi Pancasila," imbuhnya.

Menurut Mahyeldi, gotong royong menjadi ruh utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila.

Disampaikan Gubernur, pihaknya menyambut baik sinergitas yang terbangun antara pemerintah daerah bersama TNI, Polri, Forkopimda, BUMN, BUMD serta seluruh stakeholder hingga terlaksananya TMMD ke 115, sebagai upaya meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

Program TMMD adalah sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat desa dan nagari dengan membangun atau merehabilitasi sarana prasarana wilayah dan fasilitas secara langsung. Kriteria dan prioritas sasaran kegiatan TMMD adalah daerah perbatasan, pulau-pulau kecil terluar atau daerah kumuh perkotaan maupun daerah pedesaan yang tergolong terisolir, terpencil hingga daerah yang terkena bencana.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan TMMD ini adalah wujud dari kerjasama Pemerintah Daerah dengan Kodim serta masyarakat untuk melakukan pembangunan di Padang Pariaman.

"Kegiatan ini hanya kami anggarkan Rp1 miliar dan kami yakin realisasinya akan lebih dari itu bahkan bisa sampai Rp2 miliar dengan banyaknya partisipasi dari pihak lain dalam menyukseskan kegiatan ini," katanya.

Dengan TMMD ini nanti daerah yang terisolir bisa dibangun, seperti dalam TMMD ini nanti akan dibuka jalan yang menghubungkan dua nagari, serta bisa jadi laur alternatif jika ada macet di jalur Bukittingi ke Padang.

"Dengan kekompakan TNI dan masyarakat ini tentu akan mempercepat juga mencapaian visi misi dari Pemerintah daerah," katanya.

Danramil Sicincin Kapten Arm, Azral Koto menyampaikan kegiatan TMMD ini dilaksanakan selama 1 bulan mulai dari 11 Oktober mendatang dengan melibatkan 62 pasukan yang akan berbaur langsung dengan masyarakat.

"Untuk lebih berbaur dengan masyarakat nanti pasukan ini akan tinggal langsung di rumah masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk sasaran dari TMMD tahun ini yaitu membuka jalan sepanjang 2,5 km, dimana jalan tersebut terdapat 9 gorong-gorong yang dibangun.

Untuk diketahui juga, pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sumbar dan saksikan Bupati Padang Pariaman Kasrem 032, Kasi Ops, Kasi Ter Korem. (nal)








×
Berita Terbaru Update