Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Walikota Pariaman Genius Umar, Cegah Penyakit Tidak Menular, Kampanyekan Pola Hidup Sehat

Minggu, 11 September 2022 | 10:21 WIB Last Updated 2022-09-11T03:23:06Z

Walikota Genius Umar Saat Acara

PARIAMAN - Walikota Pariaman H Genius Umar menyatakan gaya dan pola hidup yang salah menjadi salah satu penyebab terjangkitnya Penyakit Tidak Menular (PTM).


"Dalam mengatasi  PTM saya  mengajak seluruh pihak untuk bersama – sama mencegah meningkatnya PTM," kata WalikotaPariaman Genius Umar, kemarin, usaimembuka kampanye PTM tingkat Kota Pariaman tahun 2022 yang bertempat di Puskesmas Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan.


Katanya, kampanye PTM tingkat Kota Pariaman tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Marunggi sangat luar biasa. Terlihat masyarakat sangat antusias untuk pemeriksaan kesehatan masing – masing. 


"Semua itu  tidak terlepas dari sosialisasi dan kerja sama antara petugas dan pihak desa. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan jajaran Puskesmas Marunggi dibawah kepemimpinan Maili Susiyeti,“ ungkapnya.


Penyakit tidak menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman, seperti diantaranya adalah diabetes melitus, kanker dan penyakit jantung coroner. 


Peningkatan kasus PTM secara signifikan akan menambah beban masyarakat dan pemerintah, mengingat penanganannya membutuhkan banyak waktu, biaya besar, serta teknologi tinggi. 


Kampanye edukasi masyarakat dan deteksi dini PTM merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk mengendalikan faktor risiko.


“Perempuan merupakan kunci utama dalam sebuah keluarga, kader yang berpartisipasi pada kegiatan ini merupakan perempuan - perempuan hebat terpilih. Saya mengucapkan selamat untuk para kader, keluarga dan masyarakat yang selalu mendukung program Pemko Pariaman. Kita dapat mencegah dan mengendalikan PTM dengan CERDIK, Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kendalikan stres, dan harus kita mulai dari sekarang,“ ujarnya.


“Melalui kampanye PTM, kita tingkatkan kemandirian masyarakat dengan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) secara teratur, serta mengurangi GGL (garam, gula, dan lemak) untuk mencegah PTM salah satunya juga termasuk diabetes.Semoga saja kita semua terhindardari PTM dan PM sehingga masyarakat Kota Pariaman terbebas dari PTM,“ ujarnya.


Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifa usai kampanye PTM mengatakan bahwa kampanye PTM merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman setiap tahunnya. Indonesia saat ini menghadapai beban ganda penyakit, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular (PTM). Keprihatinan terhadap peningkatan prevelansi PTM telah mendorong lahirnya kesepakatan tentang strategi global dalam pencegahan dan pengendalian PTM, khususnya di Kota Pariaman.


"PTM merupakan penyakit yang diawali dengan pola hidup tidak sehat, namun bisa menyebabkan Kecacatan dan kematian serta menurunnya produktivitas (productivity loss) yang pada akhirnya akan mempengaruhi pembangunan sosial ekonomi. Hal inilah yang melatarbelakangi Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan Kota Pariaman dengan gencar mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas) agar terhindar dari PTM dan PM," ungkapnya.


Kegiatan ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan gratis untuk seluruh masyarakat meliputi tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol, pemeriksaan gigi sampai konsultasi gizi. Apabila ditemui masyarakat dengan gejala mengarah pada PTM, Dinas Kesehatan Kota Pariaman bersama Puskesmas Marunggi akan menindak lanjuti proses penyembuhan.


"Pemko Pariaman sampai saat ini masih terus mengupayakan kesejahteraan masyarakat khususnya dibidang kesehatan. Telah banyak kita nikmati pelayanan kesehatan gratis baik dipuskesmas maupun di Rumah Sakit Kota Pariaman. Untuk itu dengan adanya program kesehatan gratis, ayo kita periksakan diri untuk mengetahui kesehatan kita agar kita bisa melakukan pencegahan dari sekarang," ujarnya.


Ikut hadir dalam kampanye PTM Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius, Kadis Kesehatan Kota Pariaman Nazifah, Kepala BKPSDM Kota Pariaman Irma Dawani, Kadis Sosial Kota Pariaman Muhammad Rum, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman Erpan Sayuti, Camat Pariaman Selatan Kota Pariaman M.Farid Marwan, Seluruh Kepala Desa diwilayah kerja Puskesmas Marunggi dan Kepala Puskemas se Kota Pariaman.(juned).


×
Berita Terbaru Update