Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Akreditasi B , Cegah Pungli Saat Bayar Kir Motor Melalui Online Qris Bank Nagari

Senin, 05 September 2022 | 15:10 WIB Last Updated 2022-09-05T08:10:51Z

Kendaraan Masyaraka Saat Diuji Petugas UPUPKB

PADANGPARIAMAN - Antisipasi pungli atau jenis lainnya dalam pembayaran uji kendaraan bermotor di Kabupaten Padangpariaman, kemarin, Dinas Perhubungan Padangpariaman luncurkan program Bayar Kir Online Padangpariaman (Bako Papa )  dengan scan qris Bank Nagari.


Tak heran sekarang Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUKB) di Padangpariaman telah akreditasi B dari Kementrian Perhubungan Repoblik Indonesia. Akreditasi tersebut telah dilakukan pengujian oleh Dirjen Perhubungan Daerah Departemen Perhubungan RI.


Kepala Dinas Perhubungan Padangpariaman Rifki Monrizal dan Kaunit UPUKB Efendi serta Kasubagnya Romer Makrius, kemarin, mengakui hal tersebut. "Sekarang kita menunggu panggilan Departemen Perhubungan RI untuk mengambil sertifikat akreditasi B tersebut," ungkapnya.

Petugas Saat Uji Mobil Masyarakat Yang Bayar Kir



Katanya, akreditasi B keluar setelah Departemen Perhubungan RI melakukan uji kepada UPUKB Padangpariaman, seperti uji emisi gas tabung, alat uji rem,lampu dan berat dan lainnya oleh tim penguji berkopeten. Apalagi saat dilakukan uji petugas di UPUKB Padangpariaman juga berkopeten.


Artinya, sertifikat akreditasi B tersebut keluara setelah dilakukan ujian di lapangan dan sesuai dengan ketentuannya. Sehingga UPUKB diberikan sertifikat. Ditambah lagi untuk mendukung akreditasi tersebut Dishub telah luncurkan program Bako Papa.


"Kita meluncurkan program dan inovasi tersebut agar masyarakat yang membayar kir kendaraan langsung setorkan uangnya kepada Bank Nagari dengan sistem Qris. Dengan demikian tidak ada lagi pungli yang dilakukan petugas kepada masyarakat yang bayar kir motornya," ujarnya.


Dia berharap dengan ada sistem online ini lanjutnya, masyarakat puas dengan layanan UPUKB Padangpariaman, sehingga uang masuk dari masyarakat saat bayar kir ke kas daerah jelas setiap harinya. Dengan demikian ke depan tidak ada lagi kecurigaan masyarakat saat bayar kir motornya.


"Dengan ada sistem ini kita berharap dukungan semua pihak sangat menentukan untuk kelancarannya, sehingga Padangpariaman dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui UPUKB. Bagi masyarakat Padangpariaman yang plat mobil luar segera balik namakan menjadi F," tandasnya.(ns)  



×
Berita Terbaru Update