Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemko Solok Studi Banding ke Dinsos Kota Pariaman Terkait Pengelolaan DTKS

Jumat, 22 Juli 2022 | 14:23 WIB Last Updated 2022-07-22T07:26:09Z

Kepala Dinas Sosial Kota Pariaman M. Rum terima kunjungan Pemko Solok.

PARIAMAN
- Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Sosial melaksanakan studi banding ke Dinas Sosial Kota Pariaman terkait keberhasilan Kota Pariaman meraih Universal Health Coverage (UHC).


Kepala Dinas Sosial Kota Pariaman Muhammad Rum menyampaikan, kunjungan Pemko Solok ke Kota Pariaman menggali tentang bagaimana kiat Kota Pariaman bisa memasukan warga masuk dalam data DTKS. 

"Syarat untuk mendapatkan UHC yaitu lebih dari 95 persen dari jumlah warga sudah masuk dalam DTKS. Sementara saat ini Kota Pariaman mencapai 98 persen," kata dia.

Dikatakannya, pihaknya bisa memastikan bahwa hampir semua warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Pariaman apabila sakit  sudah bisa langsung mendapatkan jaminan asuransi kesehatan.

Ia menyampaikan, untuk mendapatkan itu tidak bisa lakukan hanya dinas terkait saja, melainkan harus berkoordinasi dengan BPJS, Disdukcapil, Dinkes serta Pemerintahan Desa yang langsung melakukan pendataan terhadap masyarakat.

“Kita berharap bisa mempertahankan dan meningkatkan persentase dari UHC ini dan kualitas pelayanan kesehatan di Kota Pariaman harus selalu ditingkatkan dimana ini tanggung jawab kita bersama," jelasnya.

Disampaikannya, keuntungan UHC adalah kemudahan bagi masyarakat mengurus BPJS secara mendesak bisa selesai dalam 1 hari. Jika sebaliknya, ada sekitar 14 hari menunggu untuk bisa aktif.

Kata M. Rum, sebelumnya juga ada beberapa daerah lain yang juga sudah studi banding ke Kota Pariaman terkait pengelolaan data DTKS yang sudah meraih UHC tersebut. (nal)
×
Berita Terbaru Update