Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Inovasi Inovasi Baru Dalam Nagari Lahir, Untuk Kemajuan Padangpariaman Berjaya

Minggu, 19 Juni 2022 | 08:46 WIB Last Updated 2022-06-19T01:46:22Z

Suhatri Bur Disambut Siriah Jo Carano Saat Lomba Nagari

PADANGPARIAMAN - Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan dalam penyelenggaraan lomba Nagari dilaksanakan secara berjenjang dengan melakukan evaluasi, mulai dari tingkat Nagari hingga lomba tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten dan tingkat Propinsi. 


"Kita di Padangpariaman telah melakukan ke 3 tahapan penilaian, seperti sekarang dilakukan penilaian tingkat Propinvi Sumatra Barat, ” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat penilaian lomba nagari tahap II  tahun 2022 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, kemarin.


Sekarang katanya, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Padangpariaman menyambut kedatangan tim penilai lomba Nagari Tingkat Provinsi Sumbar di Nagari Padang Toboh Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis.


Nagari Padang Toboh Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih merupakan satu-satunya perwakilan Nagari di Kabupaten Padang Pariaman yang telah lulus seleksi untuk mewakili Kabupaten Padang Pariaman dalam perlombaan Nagari tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022. Sebelumnya, Nagari Padang Toboh Ulakan telah melewati perlombaan tingkat Nagari dan Kacamatan.


Suhatri Bur menguraikan, berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian sebelumnya, Nagari Padang Toboh Ulakan memperoleh peringkat satu, kemudian dilanjutkan oleh Nagari III Koto Aur Malintang dan Nagari Kudu Gantiang Barat. 


Dari tiga nagari tersebut, Suhatri Bur menilai bahwa inovasi yang dilahirkan oleh Nagari Padang Toboh Ulakan mampu menjawab kebutuhan masyarakat pasca covid 19 dalam hal ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi masyarakat nagari.


“Dari 3 tiga Nagari terbaik tersebut, dilihat dari Inovasi yang dimiliki, Nagari Padang Toboh Ulakan memiliki inovasi yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat pasca pandemi covid-19, dan tentunya sesuai dengan prioritas penggunaan anggaran tahun 2022,” ungkapnya.


Suhatri Bur mengaku, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Nagari Padang Toboh Ulakan. Karena program yang disusun secara nyata telah membantu terwujudnya Visi pembangunan yang telah ditetapkan, yaitu Padang Pariaman Berjaya.


“Harapan kami dan seluruh lapisan masyarakat, semoga Nagari Padang Toboh Ulakan termasuk Nagari yang berprestasi untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat dan dikirim ke tingkat Nasional,” harapnya.


Sementara itu, Tim Penilai yang dipimpin oleh Kadis PMD Sumbar yang diwakili oleh Kabid Pemerintahan Nagari Desrianto Boy mengucapkan selamat dan apresiasi pada Nagari Padang Toboh Ulakan atas keberhasilannya dalam mewakili Nagari di Kabupaten Padangpariaman.


“Artinya, Nagari ini telah berhasil melewati dua tingkatan penilaian, pertama tingkat kecamatan, kemudian tingkat Kabupaten. Kini saatnya diadakan penilaian tingkat Provinsi,” Ujarnya.


Karena lomba dilaksanakan pasca Covid-19 yang menyebabkan runtuhnya sendi-sendi ekonomi masyarakat, maka dalam pelaksanaan lomba nagari 2022 ini, menitik beratkan pada bagaimana langkah-langkah yang diambil oleh pemangku kebijakan dalam menangani nagari  nagari pasca covid 19.


“Maka nantinya kita berharap, adanya inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh Pemerintah Nagari serta mewujudkan Nagari bersih dan tangguh,” ujarnya mengakhiri.(ns)


×
Berita Terbaru Update