Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tentukan Awal Ramadhan, Kaum Syatariah Paritmalintang Meniliak Bulan Besok

Sabtu, 02 April 2022 | 11:19 WIB Last Updated 2022-04-02T04:26:59Z

 

Warga Meniliak Bulan

PADANGPARIAMAN - Jamaah Satariyah Kabupaten Padangpariaman, seperti di Kanagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung telah menetapkan mniliak bulan atau memantau hilal dengan mata telanjang untuk menentukan awal Ramadhan tahun 2022.


"Kita diutus oleh ulama ulama untuk meniliak bulan dengan mata telanjang ke Kecamatan Ulakan Tapakis, Padangpariaman tanggal 3 April 2022 untuk menentukan awal kita melaksanakan puasa bulan Ramadhan," kata Z Labai Mangkuto salah seorang alim ulama di Nagari Paritmalintang, kemarin.


Katanya, penentuan waktu "maniliak" tarikat Satariyah tersebut berdasarkan penghitungan hisab takwim khamsiah yaitu diambil dari huruf tahun dan dijumlahkan dengan huruf bulan.


Ia mengatakan sore besok jamaah Tarikat Syatariah yang berada se Kabupaten Padangpariaman akan berada di Pantai Ulakan Tapakis tidak melihat hilal atau bulan maka pihaknya akan melakukan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan guna menghimpun informasi dari jamaah itu yang berada di daerah lainnya.


Ia menyampaikan biasanya jamaah yang melihat bulan di Pantai Ulakan Tapakis atau di dekat Makam Syekh Burhanuddin ramai namun karena saat ini ada pandemi COVID-19 maka jumlah yang datang mungkin tidak sebanyak tahun tahun sebelumnya.


"Mudah Mudahan besok hilal dapat kita saksikan secara bersama sama, sehingga kita dapat menentukan kapan mulai puasa Ramadhan. Kalau hilal dilihat kita langsung puasa besoknya," tandasnya mengakhiri.(ee)

×
Berita Terbaru Update