Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Tingkatkan SDM Kader Posyandu Padangpariaman

Sabtu, 23 April 2022 | 21:45 WIB Last Updated 2022-04-23T14:45:03Z

Ny Yusrita Suhatri Bur Saat Penilaian Kader Posyandu

PADANGPARIAMAN,- Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh untuk dan bersama masyarakat.


Posyandu berguna dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan sehingga berguna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak.


Ketua TP PKK Kabupaten Padangpariaman Ny Yusrita Suhatri Bur, kemarin,  pimpin langsung dalam telusur lapangan penilaian lomba kader posyandu berprestasi tingkat Kabupaten Padangpariaman bagi 6 kader posyandu perwakilan kecamatan yang masuk nominasi pada penilaian tahap 1.


Dia  menyampaikan, dalam penilaian ini bukan untuk mencari kesalahan. Melainkan untuk melihat, sekaligus membina. Sampai dimana kelebihan satu kader dalam melaksanakan tugasnya di lapangan. 


Untuk itu beliau ia berharap, dengan adanya penilaian ini dapat memotivasi kader posyandu. Agar mereka dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerjanya di posyandu masing-masing.


“Setiap kader silahkan menonjolkan inovasinya masing -masing, saya berharap kepada kader-kader posyandu dapat meningkatkan kompetensi diri masing-masing,” ujarnya.


Selaku Ketua Tim Penilai Kader Posyandu berprestasi tingkat Kabupaten Ny. Yusrita Suhatri Bur juga menghimbau agar kader-kader posyandu menjadi kader yang terbaik baik nantinya, sehingga dapat meningkatkan keterampilan serta bermanfaat bagi masyarakat dilapangan.


Sementara tujuan dari penilaian ini menurut Ny. Yusrita, adalah untuk melihat secara langsung kondisi posyandu, sarana prasarana, adminstrasi, aktifitas dan kemampuan kader dalam memahami tugas pokok dan fungsinya. Kemudian untuk mengetahui manfaat posyandu bagi masyarakat dan mengetahui dukungan serta kontribusi dari OPD yang terkait.


"Selain itu, juga untuk mengetahui kepedulian dan perhatian masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dan swadaya pengelolaan dan program- program inovasi yang dilakukan oleh kader. Terutama untuk mengembangkan kegiatan posyandu, yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Yusrita.


Disebutkan Ny. Yusrita Suhatri Bur, dengan peninjauan lapangan ini diharapkan didampingi oleh pihak yang terkait dan lintas sektor di Kecamatan. Sehingga hasil pelaksanaan kegiatan dapat dibuktikan sesuai dengan data yang disajikan Pokjanal, Pokja, dan Kader Posyandu.


“Kegiatan ini diharapkan, bukan hanya untuk penilaian saja. Akan tetapi bisa dipakai sebagai upaya pembinaan kita dari pemerintah secara bersama-sama. Kami berharap dengan penilaian ini, mampu memotivasi untuk meningkatkan prestasi kader posyandu kedepannya,” tandasnya mengakhiri.(ns)



×
Berita Terbaru Update