Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Limbah Tambak Ikan Tempat Sarang Tikus, Lahan Sawah Masyarakat Gagal Panen

Sabtu, 23 April 2022 | 22:13 WIB Last Updated 2022-04-23T15:13:46Z

Petani Gontong Royong Bersihkan Irigasi Lahan Persawahannya

PADANGPARIAMAN - Lahan persawahan masyarakat dalam Nagari Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman banyak yang tidak digarap pemliknya, karena hama tikus masih menganas.


Pasalnya, hama tikus tersebut menyerang, karena bau air yang berada di sekitar lahan persawahannya berbau anyir, karena di sekitar irigasi sawahnya tempat aliran air tambak tambak ikan masyarakat sekitar lahannya.


Melihat kondisi tersebut seakan akan hama tikus enggan pergi dari sekitar lokasi lahan persawahnnya. Akibatnya, lahan sawah masyarakat telah tiga kali bercocok tanam sellau diserang hama tikus. Sehingga masyarakat menelan kerugian puluhan juta.


Tak pelak lagi masyarakat petani tidak memiliki biaya untuk bercocok tanam. Makanya, mereka membiarkan lahan sawahnya tidak digarap. "Kita tidak ada biaya lagi untuk bercocok tanam, karena hama tikus menganas," ungkap Jo Pirin Salah seorang petani setempat, kemarin.


Terpisah, Kadis Pertanian Padangpariaman Yurisman menyatakan, ia akan tindak lanjuti persoalan masyarakat tersebut. "Tahap awal kita akan bersama masyarakat dan penyuluh akan melaksanakan gontong royong membersihan lahan sawah tersebut," tandasnya.(ns)

×
Berita Terbaru Update