Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

DP3AKB Kota Pariaman Jadikan Empat Desa di Pariaman sebagai Desa Percontohan Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Senin, 14 Februari 2022 | 20:39 WIB Last Updated 2022-03-31T15:34:21Z


PARIAMAN
 - Empat desa di Pariaman akan dijadikan untuk program desa ramah perempuan dan peduli anak. Empat desa tersebut perwakilan dari empat kecematakan yang ada di Kota Pariaman.


Kepala Dinas DP3AKB Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit menyampaikan, desa tersebut akan dipilih pada setiap kecamatan yang ada di Pariaman yaitu Desa rawang, Bungo tanjuang, Padang Cakua dan Sikapak Timur.

Untuk tahap awal, kata Gusniyeti, dilakukan penyusunan kebijakan di desa untuk membentuk peraturan desa. Jadi kawasan ini lebih mengedepankan kearifan lokal. Jika ada pelanggaran di desa maka diterapkan sangsi sosial. Hal itu diharapakan dapat menggugah rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

"Jadi nantinya, peran Mamak akan dibangkitkan lagi. Mamak punya hak untuk menegur kemenakan, tetangga dapat terlibat dalam melindungi korban kekerasan," jelas Guaniyeti.

Dikatakannya juga, dasar simpati dan empati terhadap orang lain itu merujuk pada tiap tiap warga berhak mendapat perlindungan dari negara. Pasalnya, program ini untuk memenuhi hak kesetaraan gender serta memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak. 

"Harapan kami, desa itu dapat terbentuk dengan lancar dan menjadi peecontohan bagi desa lainnya. Target pada 2023 seluruh desa di Pariaman menjadi desa ramah perempuan dan peduli anak," kata dia. (ronal) 
×
Berita Terbaru Update