SMK Negeri 1 Pariaman Jadi SMK Pusat Keunggulan di Bidang Permesinan dan Kontruksi


PARIAMAN
Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pariaman melakukan nota kesepakatan dengan PT. Panasonic Grup, serta melakukan pelatihan teknik pendingin (AC) terhadap guru dan siswa, Kamis (13/1).


Kepala SMKN 1 Pariaman Erizal menyampaikan, pihaknya melakukan penandatangan MoU dengan PT Panasonic grup, dimana ada tiga PT langsung yang berada dibawah PT. Panasonic. "Kerjasama dengan Panasonic Grup ini merupakan salah satu program dimana suatu SMK itu harus ada industri pendamping. Tidak SMK namanya jika tidak ada industri pendampingnya. Setidaknya ada beberapa poin yang tertuang dalam kerjasama kita dengan Panasonic ini," katanya.

Ia mengatakan, ada delapan plus satu poin kerjasamanya dengan Panasonik Grup tetsebut, dimulai dengan penyusunan kurikulum hingga perekrutan tenagakerja lulusan SMK. "Sebenarnya kerjasama ini sudah berjalan semenjak awal tahun 2020 lalu, dimana kita sudah mengirimkan siswa kita magang ke Panasonic sebanyak dua angkatan," katanya.

Selain itu, kata Erizal, pihaknya juga telah telah mengirim pelatihan guru pada Panasoning manufaktur pada tahun lalu, dan saat ini juga dilakukan lagi pelatihan untum guru dan siswa yang dilaksanakan di SMKN 1 Pariaman. "Minggu depan kita juga akan melaksanakan seminar penyusunan capaian pembelajaran," katanya.

Dikatakannya, capaian pembelajaran ini ada dalam kurikulum dimana dulu dalam kurikulum itu ada namanya tujuan pembelajaran dan sekarang namanya capaian pembelajaran. Pasalnya, saat ini penyusunan capaian pemebelajaran ini disususn dengan dunia industri yang relevan, untuk itu SMK sangat membutuhkan kerjasama dengan idustri ini," katanya.

Kata Erizal, SMK sangat membutuhkan kerjasama dengan industri ini, karena penyusunan kurikulum di SMK tersebut. Dimana kegiatan-kegiatan dalam pembelajaran ini disamakan dengan kegiatan yang diminta oleh dunia industri.

Ia berharap kerjasama dengan dunia industri SMKN 1 Pariaman ini bisa meningkatkan kualitas serta berdampak juga pada lulusan SMK yang siap diterima dunia industri dan masyarakat.

Untuk diketahui juga, dari 901 SMK pusat keunggulan yang ada di Indonesia, untuk di Sumbar ada sebanyak 17 SMK. Dari 17 itu SMKN 1 Pariaman juga termasuk dalam pusat keunggulan dengan bidang permesinan dan kontruksi. (ronal)

Posting Komentar

0 Komentar