Banyaknya Informasi Hoak, Masyarakat Kurang Antusias Ikuti Vaksinasi -->

Banyaknya Informasi Hoak, Masyarakat Kurang Antusias Ikuti Vaksinasi

Reportase Sumbar
Senin, 12 Juli 2021

Kapolsek Pariaman AKP Edi Karan P berikan materi sosialisasi manfaat vaksin di Desa Kampung Tangah, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman


PARIAMAN---Kurangnya antusias masyarakat mengikuti vaksinasi karena informasi hoax, Desa Kampung Tangah melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 dan manfaat vaksinasi, Senin (12/7).


Camat Pariaman Timur Muhammad Arif Gunawan mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi. Jangan dengarkan indormasi hoax yang beredar bahwa vaksin itu tidak baik atau haram. 


Ia menyampaikan, vaksinasi bertujuan untuk agar bisa menangkal Covid-19. Pihaknya menyampaikan, sebelum divaksin masyarakat diminta agar menyampaikan kepada petugas terhadap kondisi kesehatan atan penyakit yang ada sebelumnya pada saat pemeriksaan kesehatan oleh petugas vaksin.


Diminta agar masyarakat yang mengikuti sosialisai ini agar bisa juga menyampaikan kepada keluarga atau warga sekitar bahwa pentingnya vaksinasi untuk mencegah Covid-19.


Kapolsek Pariaman AKP Edi Karan P dan Danramil 01/Pariaman Mayor Inf. Irwan T menyampaikan pihaknya bersenergi dengan pemerintahan akan terus melakukan sosialisasi akan masyarakat bersedia melakukan vaksinasi.


Sosialisasi dilakukan untuk mengajak masyarakat jangan merasa takut bahwa setelah vaksin banyak menimbulkan efek buruk terhadap kondisi kesehatan. Pihaknya menepis bahwa informasi tersebut tidak benar. "Itu adalah informasi hoax, vaksin yang dilakukan selama ini tidak seperti itu, contohnya saja di daerah kita setelah dilakukan vaksin tidak mengalami apa-apa," kata dia.


Sementara itu, Kepala Desa Kampung Tangah Fahmi Rasyid mengatakan, sebelumnya pemerintahan desa sudah malakukan upaya untuk mengajak masyarakat mau divaksin. Namun upayq tersebut belum indahkan karena masyarakat terprovokasi dengan informasi hoax terhadap vaksinasi.


Ia mengatakan, berdasarkan kurang minatnya masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, maka pemerintahan desa melakukan sosialisasi agar setelah antusias datang ke desa untuk divaksin. "Insyaallah dalam minggu ini kami akan buka pendaftaran dan setelah cukup langsung divaksin," pungkasnya. (rr)