Seorang Warga Lareh Nan Panjang Temukan Batu Meteor - Reportase Sumbar

Breaking

Post Top Ad

Selasa, 20 April 2021

Seorang Warga Lareh Nan Panjang Temukan Batu Meteor

Robi Tamar (40) bersama anggota Polsek VII Koto Aipda Fitriadi melihatkan batu yang diduga batu meteor. 


VII KOTO---Seorang warga di Nagari Lareh Nan Panjang, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kubupaten Padang Pariaman menemukan beberapa batu yang diduga batu meteor di kebun miliknya. Sedikitnya delapan batu yang ditemukan tersebut mengandung emas, tembaga dan biji besi.


Saat ditemui, pria bernama Robi Tamar (40) yang merupakan penemu batu tersebut mengatakan, kejadian itu bermula pada November 2020. "Saat itu warga mengatakan kepada saya bahwa ia melihat api jatuh ke arah kebun pepaya milik saya. Namun hal itu tidak terlalu saya hiraukan," kata Robi, Selasa (20/4).


Ia mengatakan, tiga bulan setelah kabar dari warga itu pihaknya pergi membersihkan kebun miliknya. "Saya kaget melihat batu dengan bentuk yang tidak pernah saya lihat sebelumnya. Di sekitar juga ada bekas pepaya yang terbakar, ada sekitar empat batang daun pepaya seperti hangus terbakar," ujarnya.


Karena penasaran, pihaknya mencoba mencari lagi disekitar kebunnya dan berhasil menemukan batu lainnya. Saat ini ada sebanyak delapan serpihan batu diduga meteor.  "Setelah itu, batu saya bawa ke rumah, saya tes kepadatan dengan cara memecahnya ternyata mempunyai kepadatan yang sangat kuat," ungkapnya.


Penasaran dengan temuannya itu, Robi mencari informasi melalui media sosial. "Saya chat dengan akun bernama Edi Suhartono. Edi ini adalah orang yang saya anggap paham terkait ini, nah dari dia saya baru tau kalau batu ini adalah sejenis meteor," jelas Robi. (rr)

Post Top Ad