Dandim 0308 Pariaman Bersama Sekda Padang Pariaman Hadiri Rakornis TMMD 2021 ke - 110 di Kantor Gubernur -->

Dandim 0308 Pariaman Bersama Sekda Padang Pariaman Hadiri Rakornis TMMD 2021 ke - 110 di Kantor Gubernur

Reportase Sumbar
Selasa, 02 Februari 2021


PADANG--Sekda Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi bersama Dandim 0308 Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko hadiri rapat koordinasi teknis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke - 110 Tahun Anggaran 2021 Diaula Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (2/2).


Sekda Jonpriadi mengatakan, program TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral di pusat maupun di daerah juga merupakan bagian kepedulian TNI untuk masyarakat, kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan serta berlanjut sehingga tercipta dan terbinanya kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka ketahanan nasional. 


Ia mengatakan, pemilihan sasaran TMMD ke - 110 Tahun Anggaran 2021 Kodim 0308 Pariaman dilaksanakan dengan mekanisme terpadu dan  terkoordinir dari tingkat nagari, diajukan ke kecamatan. Adapun sasaran yang dipilih, diteliti dan dipadukan dengan rencana program pembagunan pemerintah daerah serta koordinasi dalam rapat rencana pembangunan daerah.



“Maksud dari TMMD ini yakninya untuk memberikan gambaran kepada Pemerintah Provinsi dan komando atas pelaksanaan program terpadu TMMD ke - 110 Tahun Anggaran 2021 di  wilayah Kodim 0308 Pariaman yang bertujuan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan TMMD  di wilayah Kodim 0308 Pariaman,” ujarnya..


Ia juga menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan di Korong Lipek Pageh Gamaran Nagari Salibutan Kecamatan Lubuk Alung. Pemilihan lokasi ini dipilih berdasarkan penghubung antara Korong Lipek Pageh dengan Korong Gamaran hanya bisa dilalui dengan jalan kaki bila dengan menggunakan kendaraan  menempuh jarak yang cukup jauh.


Tidak hanya itu, potensi wilayah sektor ketahanan pangan yang tinggi namun distribusi dan pemasaran rendah. Permohonan Walinagari berdasarkan Surat Wali Nagari No:023/Wn-Slt-La/III-2020 tanggal 30 Maret 2020 tentang permohonan TMMD, serta saran dari Babinsa Nagari Salibutan menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat.


“Adapun manfaat dari pelaksanaan TMMD ini dari segi kesejahteraan masyarakat di lokasi TMMD, meningkatkan mobilitas dan sarana transportasi, meningkatkan kualitas hidup dan  perekonomian, melancarkan proses birokrasi dan pelayanan masyarakat yang dilaksanakan oleh unsur pemerintahan dan memudahkan akses masyarakat pada fasilitas pendidikan, kesehatan dan lainnya,” ungkapnya.


Dari segi ketahanan negara yaitu untuk memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, juga untuk membantu percepatan pembangunan serta  meningkatkan kondisi ketahanan rakyat yang tangguh merupakan sinergi antara Kodim dengan Pemerintah Daerah.


“Pemerintah Daerah mendukung penuh pelaksanaan TMMD ke - 110 ini dengan telah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan TMMD, karena ini akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan di Kabupaten Padang Pariaman yang juga akan menunjang pada sektor lainnya,” tutupnya. (rr)