Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sebanyak 8 Desa dan Kelurahan di Kota Pariaman Terima Dana Rp. 8 Milyar Untuk Program BDI "Kotaku"

Kamis, 21 September 2017 | 09:20 WIB Last Updated 2022-03-31T15:34:21Z
Walikota Pariaman Mukhlis Rahman Ketika Menerima Bantuan Dana  Investasi Kota Tanpa Kumuh Untuk Dibagikan Kepada Delapan Desa/Kelurahan di Kota Pariaman, Rabu 20 September 2017, di Balairung Rumah Dinas Walikota.
Pariaman, (Reportase Sumbar)--Penerima dana investasi "Kotaku" kali ini, sebagian besar untuk desa dan kelurahan yang berada di Pesisir Pantai. Hal ini sangat sesuai dengan visi Kota Pariaman untuk menjadikannya sebagai kota tujuan wisata.

Demikian dikatakan Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman pada acara penyerahan bantuan dana investasi (BDI) Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Balairung Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (20/9/2017).

“Desa dan kelurahan yang ada di kawasan pesisir pantai, yang menjadi destinasi wisata, akan terus kita benahi, sehingga akan terlihat bersih, nyaman dan menarik untuk dilihat, yang akan menjadi daya tarik wisatawan untuk terus berkunjung, dan menjadi desa wisata,” tuturnya.

Dia berharap, masyarakat penerima dana BDI yang ada di desa dan kelurahan, agar pro aktif, sehingga pemberdayaan masyarakat, dapat terlaksana dengan baik.

“Dengan adanya dana bantuan dari pemerintah pusat ini, melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU), akan sangat membantu dalam memberdayakan masyarakat Desa dan Kelurahan penerima dana BDI ini, sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Mukhlis juga mengimbau kepada penerima BDI, untuk dapat melaksanakan dana ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

“Kepada para kepala desa dan instansi yang terkait, untuk terus mengawasi dalam pembangunan yang dilakukan, sehingga dapat bermanfaat dan berdaya guna, karena banyak pembangunan yang dilakukan di desa tidak tepat sasaran dan asal-asalan, yang nantinya tidak dapat digunakan,” imbuhnya.

Dari 14 desa dan kelurahan yang diusulkan, tahun 2017 ini ada 8 desa dan kelurahan penerima dana BDI antara lain Desa Balai Naras, Lohong, Taluak, Marunggi, Kelurahan Jalan Kereta Api, Ujung Batung, da Karan Aur. “Untuk 6 desa dan kelurahan yang belum menerima di tahun ini, akan kita usulkan di tahun 2018 mendatang,” tutupnya.

Dalam sambutan Kepala Satuan Kerja (Satker) Kotaku, Zulherman mengatakan agar para pengawas di lapangan yang ditunjuk, dapat mengawal dan mengawasi dana ini dengan baik. “Dengan target Kotaku: 100 0 100, yang berarti 100% untuk pengadaan air bersih, 0% kawasan kumuh dan 100% sanitasi layak, kita harapkan target yang diterapkan oleh pemerintah dapat kita laksanakan,” tukasnya.

Alokasi Dana BDI yang diberikan dari pusat ini sebesar Rp4 miliar yang nantinya akan dibagi kepada 8 desa/kelurahan yang ada di Kota Pariaman, dengan masing-masing desa/kelurahan akan menerima dana Rp500 juta.

Hadir dalam kesempatan ini Kadis Bapppeda Kota Pariaman Fadli dan jajaran, Kadis PU Kota Pariaman Asrizal, Kadis Pemukiman dan Perumahan Rakyat Zamzamil, dan anggota Satker serta Desa dan Kelurahan penerima dana BDI ini. (RS/001)
×
Berita Terbaru Update