Mantan Wako Pariaman Mukhlis Rahman Nilai Pembangunan Jalan Tol Sangat Strategis Untuk Dua Propinsi

H.Mukhlis Rahman

PARIAMAN---Mantan Wali Kota Pariaman, dua periode Drs. Mukhlis Rahman, MM mengatakan, jalan tol Sumbar-Riau dan pekerjaan awalnya, di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, adalah pembangunan sarana transportasi yang sangat strategis untuk kedua Propinsi.

Demikian disampaikan Mukhlis Rahman, dalam wawancara khusus di Pariaman pada salah satu kafe di jalan By Pass Pariaman, Sabtu (6/6/2020).

Diakatakan, Jalan reguler yang sudah ada sekarang ini sudah sangat padat sehingga waktu tempuh Padang Pekan Baru bisa menghabiskan waktu lebih kurang  9 jam, itu kalau tidak ada kemacetan sedangkan jaraknya cuma lk 280 km.

“Bila sudah terbangun jalan tol dengan jarak lebih 250 kilo meter, bisa di tempuh 3 atau 4 jam. Secara ekonomis sangat menguntungkan bagi masyarakat kedua propinsi. Transfortasi lancar, harus mobilisasi orang dan barang semakin lancer,” ujar Mukhlis Rahman.

Menurut Mukhlis Rahman hasil pertanian dan industri kerajinan masyarakat  Sumbar akan lebih meningkat pemasarkannya. Dan begitu juga di  bidang Paeiwisata Sumbar akan lebih maju dan berkembang, karena masyarakat  Riua akan lebih mudah nenikmati keindahan dan kemajemukan daya tarik wisata Sumbar.

“Dengan demikian ekonomi jedua propinsi akan semakin maju, dan pada gilirannya nanti tentu income per capita masyarakat  Sumbar akan meningkat,” tukuk Mukhlis lagi.

Pada sisi lain, Mukhlis Rahman, Pariwasata Kota Pariaman, seperti indahnya pantai Gandoriah, dan cantiknya wisata Pulau Angso Duo, akan bertambah ramaidikunjungi masyarakat Riau setiap minggnya.

Perantau Pariaman di Kota Pekan Baru, disamping dapat menikmat liburan, mereka juga bisa mampir ke rumah orang tua mereka masing-masing.

“Bak seperti istilah, sekali membuka dompet, dua tiga yang bisa dibeli,” ucap Mukhlis sambil menyunggingkan senyum khasnya.

Kuliner Kota Pariaman, akan bertabah laris, seperti sala  saluak, nasi sek, katupek gulai paku dan katupek gulai tunjang, akan lebih dicari oleh pengunjung. Apalagi sate Piaman, rasanya sudah tidak asing bagi lidah urang awak.

“jadi program pembangunan jalan tol, adalah program nasional yang diberikan pemerintah di bawah Kepemimpinan Presiden RI Jokowi Dodo. Sumbar harus mengejar kertinggalan selama ini,” tutur Mukhlis menutup pembicaraannya. (aa)

Posting Komentar

0 Komentar