Kamis, 21 Juni 2018

Bupati Ali Mukhni Minta ASN Pasca Lebaran, Untuk Terus Tingkatkan Kinerja

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Didampingi Sekretaris Daerah Jonpriadi dan Kepala OPD Saling Bermaafan Dengan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman ( Fhoto : Andri Satria Masri )
Padang Pariaman, (Reportase Sumbar)--Hari pertama masuk kantor, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mengelar apel perdana, setelah libur lebaran.

Apel akbar, Kamis (21/6/2018) tersebut dipimpin Wakil Bupati Suhatri Bur,di halaman Kantor Bupati Paritmalintang.

Nampak hadir pada apel perdana tersebut Sekretaris Daerah Jonpriadi, Asisten, Kepala Dinas, Badan, Kantor dan Bagian serta ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Suhatri Bur mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1439 H.

"Marilah kita bersama berlapang dada dan membuka hati kita. Mari kita beranikan diri untuk meminta maaf dan juga melunakan hati agar bisa memaafkan kesalahan orang lain," ulas Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati Padang Pariaman minta ASN untuk masuk kantor tepat waktu. Karena banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Sebenarnya, waktu senggang atau waktu kosong bagi ASN tidaklah banyak. Sebab, andaikata ASN tidak ada kegiatan. Maka bisa membersihkan meja, membersihkan file-file pekerjaan, merapikan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Gunakan  juga waktu luang kita untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca UU kepegawaian, berbagai peraturan/kebijakan terkait pekerjaan.

Kurangi waktu yang terbuang percuma, hanya untuk membuka google, membuka youtube, download lagu, film atau hiburan yang tidak ada kontribusi bagi  kompetensi kita sebagai pegawai.

Menurut Bupati,  hari pertama masuk kantor, berdasarkan Instruksi Menpan RB, kehadiran hari ini dipantau langsung oleh Menpan RB melalui aplikasi SiDina (Sistim Informasi Kehadiran Nasional).

"Bagi yang tidak masuk menjadi catatan khusus bagi kami dan akan dilaporkan ke Menpan RB," tambahnya

Bupati juga tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada ASN, untuk terus meningkatkan realisasi anggaran. Saat ini sudah pertengahan tahun. Segala kegiatan, baik yang terkait dengan infrastruktur, pengadaan barang jasa lainnya, silahkan dikebut.

"Saya minta realisasi anggaran kita akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya," tutur Bupati.

Terakhir, sebagai konsekuensi dari pelayan masyarakat, maka harus terus meningkatkan pelayanan kepada mereka. 

Antara lain, dengan memberikan hal-hal kecil, seperti pelayanan yang ramah dan dengan senyuman, menjawab pertanyaan mereka dengan baik.

Serta inovasi yang harus dilakukan supaya masyarakat merasa senang, nyaman berada di kantor pemerintah.

"Kita dapat melihat inovasi yang terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dinas tersebut sudah membuat ruang untuk Ibu menyusui, Line antrian untuk penyandang disabilitas, Layanan langsung pembuatan E-KTP untuk Nagari sampai dengan para perantau," kata Bupati

Kemudian, apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP), seperti penataan kantor yang indah dan nyaman.

Ada Bar dimana masyarakat bisa mengambil minum sendiri, serta sudah ada Ajeg Papa, yaitu fasilitas antar jemput perizinan yang diperlukan masyarakat.

Dinas kesehatan juga demikian. Sekali-kali, Saudara harus pergi ke ruang Kepala Dinas Kesehatan, yang ditata seperti laiknya ruang hotel.

Kadisnya mengatakan bahwa, ruang yang bersih dan rapi tersebut memang ditujukan untuk para tamu, sehingga meningkatkan citra Pemerintah Daerah.

Disamping itu, salah satu jenis pelayanan seperti PSC 119, harus terus kita dukung terus bersama-sama, sehingga dapat terus terlaksana dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

"Saya pribadi selaku Kepala Daerah, juga sangat berbangga, karena berkat kerjasama berbagai pihak, terutama peran fasilitasi dari BPKD maupun Inspektorat, sehingga kita meraih kembali Wajar Tanpa Pengeculaian (WTP) untuk ke-6 kalinya,"tambahnya

Semoga ini benar-benar mencerminkan tingkat kebersihan pengelolaan keuangan kita di daerah.

"Saya berharap, setiap Badan, Dinas, Kantor serta instansi Pemerintah di Kabupaten Padang Pariaman memegang terus prinsip Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat," tambahnya lagi. (rel/ris)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: