Rabu, 30 Mei 2018

Bupati Ali Mukhni : Irigasi Banda Baru Tandikek Mampu Dongkrak Hasil Panen Petani

PADANG PARIAMAN (Reportase Sumbar)----Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni kemarin berkesempatan meninjau pengerjaan irigasi Bandar Baru Tandikek, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman. 

"Insyallah aliran irigasi ini nantinya akan bias mengaliri sawah masyarakat kurang lebih 4 hektar. Selama ini pasokan air kurang ke sawah masyarakat. Sehingga masyarakat mengalihkan bercocok tanam petani ke ladang pepaya. Semoga pengerjaan irigasi ini dapat berjalan dengan baik dan tentunya harus didukung penuh oleh masyarakat. Sehingga masyarakat nantinya bisa menikmati saluran irigasi ini dengan baik," kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni saat melakukan peninjauannya kemarin.

Ali Mukhni juga mengatakan, dengan adanya pembangunan irigasi tersebut tentunya akan dapat semakin membantu petani di daerah itu. Sebelumnya irigasi kurang baik dan  petani  menggunakan air tadah hujan untuk sawah.

Katanya lagi, pengairan sawah menggunakan tadah hujan jelas membuat petani hanya dapat memanen sawahnya sekali setahun serta lebih banyak beralih ke sector perladangan. "Kita berharap dengan ada irigasi ini petani di daerah ini nantinya sudah bias panen dua kali setahun. Bahkan kita sangat mendorong agar petani di sini nantinya mampu panen lima kali dua tahun," ujarnya.

“Surplus beras kita sekarang lebih dari 5 persen. Sehingga, kita mendapat penghargaan ketahanan pangan,” ujarnya.

Ali Mukhni memastikan, bahwa pihaknya akan terus membantu pembangunan dan menjaga irigasi tersebut. Sebab dia meyakini, pembangunan dan aset irigasi itu sangat bermanfaat mendorong ekonomi masyarakat. "Selesai irigasi kita meminta masyarakat sama-sama menjaganya. Sehingga saluran irigasi ini tahan lama," tandasnya mengakhiri.(ris)



SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: