Rabu, 11 April 2018

Masyarakat Batu Kalang Dambakan Pengaspalan Jalan Dari SMAN 1 Padang Sago-Pasar Padang Sago

Wali Nagari Batu Kalang Jamarusti
PADANG PARIAMAN (Reportase Sumbar)-Masyarakat Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padangpariaman saat ini sangat mendambakan dilakukannya pengaspalan ruas jalan di nagari  tersebut. Khususnya ruas jalan yang menghubungkan SMAN I Padang Sago dan kawasan Pasar Padang Sago.

"Untuk saat  ini memang pengaspalasan ruas jalan sepanjang lebih kurang 2 KM lebih itu yang dianggap cukup mendesak, karena di samping kondisinya telah banyak berlubang, juga sehari-harinya ruas jalan tersebut  cukup ramai dilalui pengendara," demikian ditegaskan Walinagari Batu Kalang, H Jamarusti saat dihubungi di ruang kerjanya kemarin.

Hal itu sebutnya memang sangat beralasan, karena di samping ramai dilewati siswa sekolah atau kalangan masyarakat umum lainnya,  selama ini ruas jalan tersebut sudah menjadi jalan alternatif utama bagi warga yang ingin menuju Kota Pariaman.
"Terutama  warga yang datang dari arah Tandikek dan sekitarnya biasanya banyak yang memilih jalur jalan ini untuk menuju Kota Pariaman. Karena jarak tempuhnya relatif lebih dekat," sebutnya.

Dengan alasan itulah Jamarusti menyebutkan, pada tahun anggaran 2018-2019 pada tahun ini, pihaknya sengaja mengusulkannya agar pengaspalan ruas jalan itu dijadikan prioritas utama pada musrembang tahun ini.

"Karena kalau saja ruas jalan tersebut telah bisa diaspal atau diperbaiki, tentu perhubungan masyarakat juga akan semakin lancar. Begitu pula dampaknya tentu juga akan sangat positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat," terangnya.

Di pihak lain,  Jamarusti yang pernah mengenyam pengalaman kerja  di perusahaan Jepang dan Amerika ini juga tak luput mengapresiasi perhatian Bupati Ali Mukhni, khususnya dalam mendorong percepatan pembangunan di sekitar Nagari Batu Kalang.

"Buktinya, alhamdulillah pada tahun ini kita di nagari batu Kalang ini berhasil mendapatkan tiga paket kegiatan penting, seperti pembangunan jembatan rajang di kawasan Batang Mangur, pembangunan ruas jalan Ambacang-Mangur sepanjang 500 meter, serta pembangunan dan perbaikan irigasi Puncuruyuang yang mengairi lebih dari ratusan hektare lahan pertanian masyarakat di kawasan Nagari Batu Kalang dan sejumlah daerah lainnya," sebutnya dengan nada puas.

Disebutkan kehadiran tiga paket kegiatan yang akan dilangsungkan di Nagari Batu Kalang pada tahun ini,  sekaligus menunjukkan bahwa pemerataan pembangunan sangat dirasakan oleh masyarakat Batu Kalang, terlebih lagi kehadiran sejumlah program pembangunan tersebut juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat di daerah itu.

"Makanya atas nama masyarakat dan pemerintahan nagari, kita tentunya sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepedulian Bupati Ali Mukhni yang begitu peduli terhadap pemerataan pembangunan di daerahnya, tidak terkecuali di Nagari Batu Kalang sendiri," bebrnya.

Lebih jauh menurut walinagari yang sempat menerima penghargaan walinagari terbaik tiga tingkat Kabupaten Padangpariaman ini, kehadiran sejumlah proyek pembangunan di Nagari Batu Kalang tersebut jelas sangat berarti bagi masyarakat sekitar. "terlebih lagi jembatan rajang yang ada di Mangur. Betapa tidak meski sudah lima kali pergantian  kepemimpinan walinagari di Batu Kalang ini, baru saja ini mimpi itu bisa terwud. Makanya sangat  beralasan bila masyarakat setempat sangat antusias sekali menyambut kehadiran jembatan rajang tersebut," terangnya.

Ditambahkan,  wujud dari rasa terima kasih dan sikap antusias warga dalam menyambut kehadiran jembatan rajang tersebut, masyarakat setempat bahkan  telah memasang niat untuk mengadakan doa bersama, sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur atas kehadiran jembatan tersebut. "Demikian pula halnya pembangunan jalan di kawasan Ambacang-Mangur serta perbaikan irigasi Puncuryung, semua itu juga sangat mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat," sebutnya. YURISMAN MALALAK


SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: