Senin, 26 Maret 2018

Pedagang danPengendara Ditertibkan Suasana Lalu Lintas di Koto Baru Makin Lancar

Suasana Pasar Koto Baru ( Fhoto rri.co.id)
TANAH DATAR ( Reportase Sumbar)---Jajaran petugas kepolisian dari jajaran Satlantas Polresta Padang Panjang tampak terus berupaya mengurai persoalan kemacetan lalu lintas yang kerap mewarnai kawasan pasar Koto Baru selama ini. Seperti terlihat Senin kemarin, dimana sejumlah petugas terdiri dari jajaran Satlantas Polresta Padang Panjang, jajaran Dishub Kota Padang Panjang dan Satpol PP Padang Panjang, tampak bahu membahu menertibkan pedagang yang biasa berjualan di sepanjang trotoar jalan di kawasan itu.

Penertiban pedagang dan kendaraan di sekitar kawasan pasar Koto Baru Senin kemarin dipimpin Kasat Lantas Polresta Padang Panjang, Iptu Aditya,L. "Langkah penertiban ini bahkan telah mulai dilakukan pada malam tadi sekitar pukul 01.00 WIB dinihari, karena seperti diketahui hari Senin ini kan merupakan hari pasar di Koto Baru, sehingga sering menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas," terangnya.

Lebih jauh Iptu Aditya menambahkan, fokus utama penertiban yang dilakukan Senin kemarin yaitu memindahkan para pedagang yang biasa berjualan di pinggiran jalan, khususnya bagian kiri jalan arah Kota Bukittinggi untuk kemudian dipindahkan ke kios yang telah disediakan. Begitu pula kendaraan yang biasanya sering parkir di sekitar garase pasar Koto Baru atau ngetem di pinggiran jalan selanjutnya juga diarahkan agar parkir di bagian atas pasar Koto Baru.

"Untuk lokasi parkir sendiri sejauh ini telah kita sediakan secara khusus. Bahkan jalannya juga telah dicor beberapa waktu yang lalu. Dan alhamdulillah, seperti terlihat hari ini, situasi lalu lintas jau8h lebih lancar dari sebelum-sebelumnya. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa penertiban di kawasan ini bisa berjalan seperti diharapkan," terangnya, ketika dikonfirmasi Reportasesumbar.com Senin kemarin di sela-sela kesibukannya menertibkan arus lalu lintas di kawasan pasar Koto Baru. .

Lebih jauh Iptu Aditya menambahkan, dalam mengatur kelancaran lalu lintas Senin kemarin pihaknya juga turut dibantu petugas dari jajaran Satlantas Polres Tanah Datar.

Ditegaskannya, langkah pengaturan dan penertiban di sekitar kawasan pasar Koto Baru Senin kemarin juga sekaligus menindaklanjuti intruksi Dirlantas Polda Sumbar, yang mengharapkan agar kondisi kemacetan lalu lintas di sekitar pasar Koto Baru seperti yang sering terlihat selama ini hendaknya bisa diurai dan ditertibkan sedemikian rupa. Sehingga dengan begitu laju arus kendaraan dari arah Bukittinggi atau Padang bisa lebih lancar.

"Seperti yang terlihat saat ini, arus lalu lintas jauh lebih tertib dan lancar. Begitu pula para pedagang dengan kesadaran sendiri juga mau diarahkan ke los penampungan yang telah disediakan," urainya.

Sebagaimana diketahui lanjutnya, salah satu pemicu utama kemacetan lalu lintas di sekitar kawasan pasar Koto Baru selama ini antara lain disebabkan banyaknya pedagang sayur yang berjualan di pinggir-pinggir jalan. Hal itu kemudian diperparah lagi karena banyaknya pemilik kendaraan yang memarkir atau menghentikan kendaraannya di sepanjang pinggiran jalan di sekitar kawasan pasar tersebut.


"Jadi sesuai atensi Pak Dirlantas, untuk sementara ini kita upayakan dulu obat ringannya, termasuk diantaranya memindahkan parkir kendaraan roda yang ada di sekitar garase ke lokasi parkir yang telah disediakan. Selain itu, kita juga memasang traffic cone di sepanjang pinggir jalan, agar pengendara tidak lagi berhenti di sepanjang kawasan yang telah ditetapkan, dan kita bersyukur seperti yang terlihat sekarang semua bisa berjalan dengan lancar dan suasana lalu lintas jadi jauh lebih lancar dibanding sebelumnya," pungkasnya. (yurisman malalak)

SHARE THIS

Author:

Reportase Sumbar. Com adalah portal berita Sumatera Barat ditayangkan oleh PT.Berita Minang Berdasarkan Akta Notaris Jelisye Putri, SH Nomor 2 Tanggal 3 Agustus 2017

0 komentar: