Camat Hasan Basri Optimis Patamuan Akan Menjadi Daerah Pertumbuhan Baru - REPORTASE SUMBAR

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 28 September 2017

Camat Hasan Basri Optimis Patamuan Akan Menjadi Daerah Pertumbuhan Baru



Patamuan (Reportase Sumbar)---Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman ke depannya diyakini bakal makin berkembang, bahkan berpotensi untuk berkembang menjadi kawasan pusat pertumbuhan baru di Kabupaten Padangpariaman.

Terlebih seiring dilakukannya pembukaan dan pengembangan kawasan Tarok di Nagari Kapalo Hilalang, Keamatan 2 X 11 Kayu Tanam, seperti saat ini tengah berlangsung. "Melihat potensi yang dimiliki Kecamatan Patamuan saat ini, memang tidak tertutup kemungkinan ke depanya daerah ini bakal bisa bekembang menjadi kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Padangpariaman," demikian ditegaskan Camat Patamuan, Hasan Basri, saat dihubungi di ruang kerjanya kemarin.

Diakuinya, melihat potensi lahan yang ada di sekitar Kecamatan Patamuan, khususnya daerah yang berdekatan langsung dengan kawasan Tarok, seperti Nagari Tandikek Utara dan Nagari Tandikek, pada dasarnya memang cukup banyak yag bisa dikembangkan di kawasan itu.

Salah satunya, potensi lahan yang cukup luas di sekitar kawasan Tandikek Utara misalnya, ke depannya sangat berpotensi dikembangkan sebagai kawasan pengembangan perumahan atau pengembangan properti.

"Khusus untuk masalah lahan sendiri, secara umum di Kecamatan Patamuan ini  tidak ada ganjalan yang berarti. Karena masyarakat di sini pada prinsipnya sangat welcome dan terbuka untuk menerima kehadiran pengembang atau pun investor yang akan menanamkan investasinya di daerah ini," tegasnya.

Hasan Basri mengakui, selain bisa berkembang sebagai kawasan pertumbuhan baru di Padangpariaman, pengembangan kawasan Tarok di Kapalo Hilalang tentunya juga  bakal berimbas positif terhadap pembukaan dan pengembangan sejumlah ruas  jalan yang ada di sekitar Kecamatan Patamuan. Khususnya sejumlah ruas jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Patamuan dan Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam. Termasuk nantinya ruas jalan kabupaten yang ada saat ini bisa saja ditingkatkan statusnya atau dikembangkan menjadi jalan provinsi. Dengan begitu ke depannya ruas jalan itu bisa berkembang menjadi akses utama yang menghubungkan ruas jalan negara yang ada di sekitar Kecamatan  Patamuan dan ruas jalan Padang-Bukittinggi yang ada di Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam.


"Karena itulah kita jelas sangat optimis bila daerah ini nantinya juga kaan semakin maju dan berkembang, apalagi dengan banyaknya fasilitas yang dibangun di kawasan Tarok nantinya, tentunya juga akan berdampak terhadap kebutuhaan akan perumahan baru. Dan itu nantinya bisa dibangun di sekitar Kecamatan Patamuan ini," terangnya.

Terlebih lagi lanjutnya, dengan kehadiran sejumlah potensi wisata di sekitar Kecamatan Patamuan, yang didukung pemandangannya panorama alamnya yang cukup indah, tentu nantinya akan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk mengembangkan investasi di daerah ini. Khususnya   bisnis properti.

"Karena itulah kita tentu berharap agar kawasan yang ada di sekitar Kecamatan Patamuan ini nantinya juga bisa diplot dan dimasukkan dalam konsep RTRW yang akan disiapkan nantinya, tentunya sebagai bagian penting dari pengembagan kawasan Tarok City. Misalnya, mungkin Kecamatan Patamuan ini nantinya bisa diplot sebagai sentra permukinan, atau mungkin juga sebagai sentra pengembangan ekonomi, atau sebagai kawasan penyangga bagi kawasan Tarok yang tengah dibangun saat ini," terangnya.

YURISMAN MALALAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad