Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pengembangan Budi Daya Jagung Dinilai Masih Belum Optimal Perlu Kerjasama pemerintah, pengusaha dan stake holder

Senin, 03 Juni 2024 | 16:54 WIB Last Updated 2024-06-03T09:54:35Z



Padangpariaman---Tidak dinafikan adanya jika kondisi dan perkembangan perekonomian dibwikayah Kabupaten Padangpariaman relatif mengalami penurunan. 


Hal itu tentunya tidak terlepas dari berbagai kondisi yang melingkupinya. Sebut misalnya faktor kerawanan atau seringnya terjadi musibah berulang yang melanda daerah Kabupaten Padangpariaman, demikian pula masih kurangnya dukungan dan perhatian stake holder serta pihak terkait yang ada di daerah ini. 


"Demikian pula halnya perhatian dari instansi terkait juga bisa dikatakan belum terlihat nyata, buktinya sampai saat ini masih banyak lahan pertanian di Padangpariaman yang dikelola dan dimanfaatkan secara optimal, " ungkap Ketua HIPMI Padangpariaman Ari Irpendi Putra,SH, saat menjawab wartawan media ini kemarin.

Lebih jauh ditegaskan Ketua HIPMI Kabupaten Padangpariaman ini, jika dicermati lebih jauh, pada dasarnya masih cukup banyak komoditi pertanian dan perkebunan yang bisa dikembangkan secara lebih optimal lagi ke depannya



Salah satunya tegasnya yaitu komoditi tanaman jagung, yang belakangan ternyata sangat potensial sekali dikembangkan di Kabupaten Padangpariaman. 


"Karena kita di Padangpariaman inikan dikenal memiliki lahan pertanian yang sangat subur sehingga sangat potensial sekali dimanfaatkan untuk pengembangan sektor pertanian, khususnya untuk pengembangan budidaya tanaman jagung,' tegas pengusaha muda yang dikenal aktif bergerak dalam pengembangan usaha tanaman jagung ini.


Namun demikian lanjutnya, akibat belum adanya kepedulian dari berbagai pihak, baik itu perhatian dari kalangan stakeholder maupun program nyata lainnya dari instansi terkait yang ada, akibatnya program tersebut masih terbatas pada komoditas tertentu saja, padahal bila lebih dimaksimalkan sebagaimana harusnya, dampaknya tentu akan sangat positif terhadap peningkatan pendapatan dan perekonomian masyarakat di daerah ini. 


"Makanya ke depan kita tentunya berharap sekaligus mendorong agar para pengusaha di daerah ini nantinya bisa bekerjasama dengan pihak pemerintah daerah, sehingga program Budi daya jagung di daerah ini bisa berjalan lebih optimal lagi,' imbuhnya. 


Seperti diketahui..tegas Ari Urpendi...Daerah Kabupaten Padangpariaman selama ini juga memiliki banyak potensi terpendam yang perlu lebih dioptimalkan lagi ke depannya. Baik itu pengembangan bidang pertanian, bidang pariwisata maupun pengembangan potensi sumber daya alam atau kekayaan hasil bumi lainnya yang selama ini ada di Kabupaten Padangpariaman.


"Kita tentunya sangat optimis jika seluruh potensi itu bisa lebih dimaksimalkan lagi, maka tentunya akan berdampak multifltayer effect terhadap perekonomian masyarakat dan daerah Kabupaten Padangpariaman. Sekaligus tentunya juga bisa lebih mendorong terwujudnya Padangpariaman berjaya seperti diharapkan bersama," tegasnya.


Juga tentu tidak kalah pentingnya, upaya dan langkah-langkah pengembangan berbagai  sektor tersebut juga perlu didukung ketersediaan data yang akurat sebagai pendukung. Baik itu menyangkut berapa luas potensi lahan tidur atau lahan pertanian yang masih bisa dikembangkan ke depannya, di samping tersedianya data yang akurat terkait potensi hasil panen berbagai komoditi pertanian yang dihasilkan  para petani di daerah ini. "Ke depan hendaknya dinas terkait perlu menyiapkan data seperti itu, sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai bahan acuan bagi para pengusaha atau stake holder lainnya sebelum memutuskan  bidang investasi apa yang lebih cocok mereka kembangkan nantinya  (Yurisman)

×
Berita Terbaru Update