Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kondisi Kesehatan CJH Diperiksa Intensif Siap Diberangkatkan Tanggal 24 Mei 2004

Kamis, 18 April 2024 | 09:49 WIB Last Updated 2024-04-18T02:49:29Z

 

Bupati Suhatri Bur Besama CJH dan Kadiskes saat Pemeriksaan Kesehatan


PADANGPARIAMAN ---- Bupati Padangpariaman Suhatri Bur   Rabu (17/4) kemarin meninjau secara langsung proses pemeriksaan kesehatan dan pengukuran kebugaran jasmani  para Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2024 yang akan diberangkatkan ke  Baitullah pada musim haji tahun ini.


Kegiatan yang difasilitasi  Dinas Kesehatan Padangpariaman ini berlangsung di halaman kantor Bupati Padang Pariaman di Kawasan IKK Paritmalintang.
 

Dalam arahannya, Suhatri Bur mengungkapkan, bahwa pemeriksaan kesehatan dan pengukuran kebugaran jasmani bagi para CJH merupakan salah satu syarat penting bagi para CJH untuk dapat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

“Seperti diketahui, program ibadah haji merupakan ibadah fisik yang membutuhkan ketahanan stamina disamping didukung kondisi ketahanan tubuh yang kuat pula. Oleh karena itu, para CJH tentunya harus dalam kondisi kesehatan yang prima, sehingga nantinya  dapat mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar,” katanya.

Bupati Suhatri Bur juga berpesan kepada para CJH Padang  Pariaman untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan dan pengukuran kebugaran jasmani dengan seksama. Pasalnya, hasil pemeriksaan ini akan menjadi dasar bagi CJH untuk mendapatkan pembinaan kesehatan lebih lanjut.

 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman dr. Aspinudin mengungkapkan, CJH Padangpariaman tahun 2024 ini berjumlah 245 orang. Dimana nantinya mereka akan  didampingi oleh Dokter, Perawat, Ketua Kloter, dan Petugas Haji Daerah (PHD) lainnya.

Aspinuddin juga tak luput berpesan agar  seluruh CJH hendaknya  dapat mempersiapkan diri menjelang keberangkatan dengan menerapkan pola hidup sehat, mencukupi kebutuhan gizi dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur, istrihat yang cukup, serta aktivitas fisik minimal 30 menit sehari.

“Untuk melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk jelas dibutuhkan kondisi kesehatan yang prima. Oleh karena itu, kami berkomitmen  membantu para CJH kita agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyuk, sekaligus diharapkan bisa kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Padangpariaman Adri Ahmad  memaparkan beberapa hal penting terkait persiapan yang harus dilakukan para JCH jelang keberangkatannya ke tanah suci. Begitu pula  hal-hal teknis penting lainnya.

Ia juga mengimbau seluruh CJH agar sedapatnya  meluruskan niat dan mengikuti segala prosedur keberangkatan dengan tertib. "Mulai dari pemeriksaan kesehatan dan kebugaran, vaksin meningitis, manasik haji, serta hanya membawa berkas dan peralatan yang diperlukan," tegasnya.

Menurutnya,  CJH Padangpariaman berada di gelombang 1 kloter 7 dan insya Allah akan diberangkatkan pada tanggal 24 Mei 2024 dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). (ris)
×
Berita Terbaru Update